Air Wudhu Bisa Cegah Corona, Menkominfo: RI Banjir Hoax!

News - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
03 February 2020 12:53
Air Wudhu Bisa Cegah Corona, Menkominfo: RI Banjir Hoax!
Jakarta CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan banyak hoax beredar seputar virus corona di Indonesia. Kementerian mencatat setidaknya sampai saat ini diketahui ada 54 hoax yang beredarĀ terkait virus mematikan ini.

Ia menjelaskan penyebaran hoax itu makin menjadi begitu 238 WNI sukses dipulangkan dari China dan dimonitoring di Natuna.

"Saya apresiasi kerja pemerintah atas membawa 238 WNI kembali di Indonesia. Khusus terkait traffic virus corona menurut cyber drone Kominfo, yang pertama hoax terjadi pada 5 Mei 2019. Lalu terdapat 53 lainnya yang terjadi pada tanggal 23 sampai hari ini," kata Johnny, Senin (3/2/2020).




Johnny sendiri heran dengan kabar-kabar hoax yang beredar terkait corona, diantaranya soal korban virus corona dikremasi di China, air wudhu dapat mencegah penyebaran virus corona, penumpang Lion Air meninggal, dan virus corona sudah masuk pekan baru.

"Itu hoax, jangan forward informasi yang tidak benar," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]


Ada 54 disinformasi dan hoax yang beredar. Menurut dia, hal itu bisa berbahaya jika terus tersebar di sosial media dan lainnya. "Kita harus menjaga dan memastikan daya tahan kita kuat, karena akan terjadi penurunan kunjungan wisata di seluruh negara termasuk Indonesia. Soalnya kita sedang menutup perbatasan," jelasnya.

Ia memastikan semua WNI yang baru datang dari Wuhan sehat semuanya dan terus berkoordinasi dengan kementerian lainnya untuk perkembangan informasi.






(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading