DPR Usulkan Legalisasi Ganja, Istana: Kami Coba Pelajari

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
31 January 2020 16:59
Istana Kepresidenan akan mempelajari usulan dewan parlemen untuk melegalisasi ganja dan menjadikan komoditas tersebut sebagai andalan ekspor.
Jakarta, CNBC Indonesia- Istana Kepresidenan akan mempelajari usulan dewan parlemen untuk melegalisasi ganja dan menjadikan komoditas tersebut sebagai andalan ekspor.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengemukakan akan mempelajari usulan legalisasi ganja yang disampaikan oleh Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) beberapa waktu lalu.


"Saya belum mempelajari apa maksud dan tujuannya atau pun bagaimana kerangkanya. Kami tidak ingin berikan langsung dan mencoba mempelajarinya," kata Fadjroel, Jumat (31/1/2020).


Beberapa waktu lalu, Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Anggota Komisi VI DPR Rafli mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengizinkan ekspor tanaman ganja.

Usulan tersebut disampaikan parlemen saat menggelar rapat dengan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. Menurut mereka, tidak ada salahnya jika pemerintah mengkaji usulan tersebut.

"Jadi, ganja ini adalah konspirasi global, dibuat ganja nomor 1 bahayanya. Narkotika yang lain dibuat nomor sekian. Padahal, yang paling sewot dan gila sekarang masuk penjara itu bukan orang ganja," kata Rafli.

Meski demikian, Istana pun enggan memberikan tanggapan lebih lanjut apakah usulan tersebut bisa diimplementasikan atau tidak. Pasalnya, saat ini pemerintah melarang keras peredaran dan perdagangan ganja di dalam negeri.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading