Soal Corona, Jokowi: Sampai Saat Ini Tak Ada yang Terjangkit

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 January 2020 15:13
Soal Corona, Jokowi: Sampai Saat Ini Tak Ada yang Terjangkit
Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona yang merebak akhir-akhir ini di China bagian tengah memang membuat dunia cemas. Penyebaran virus tak hanya membuat orang sakit, tapi ekonomi juga bisa sengsara.

Semua berawal di Desember 2019. Saat itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan virus corona jenis baru di China. Virus corona baru ini masih satu jenis dengan penyebab SARS di China pada 2002-2003.

Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, provinsi Hubei China bagian tengah. Awalnya ada lebih dari 50 orang yang tiba-tiba terkena penyakit misterius. Setelah itu jumlah kasus yang dilaporkan terus bertambah dan kini mencapai 800-an.


Bagaimana Indonesia menangani virus ini?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan saat ini pemerintah akan terus waspada dan dirinya telah memerintahkan Menteri Kesehatan untuk mengawasi secara ketat.

"Terpenting kita waspada. Hati-hati. Saya sudah perintahkan ke Menkes untuk diawasi secara detil. Dan kita kan juga sudah siap mengecek dengan scanner setiap kedatangan dari luar, siapapun yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit," kata Jokowi di Istana Negara, Jumat (24/1/2020).

Sampai detik ini, Jokowi menuturkan tidak ada satupun yang menurut laporan yang ia terima terkena virus mematikan tersebut.

"Tapi sampai sekarang informasi yang saya terima dan semoga seterusnya, tidak ada yang terjangkit corona," tegas Jokowi.




[Gambas:Video CNBC]








(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading