Gilimanuk ke Tabanan Bali Bakal Tersambung Tol

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
21 January 2020 14:36
Gilimanuk ke Tabanan Bali Bakal Tersambung Tol
Jakarta, CNBC Indonesia - Jaringan Tol Trans Jawa bakal tersambung hingga Pulau Bali. Pemerintah tengah mengkaji rencana pembangunan proyek ini melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rencana tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit. Ia bahkan menyebut, sudah ada pihak swasta yang memprakarsai pembangunan tol baru dengan trase Gilimanuk-Tabanan.

Dia menjelaskan, Tol Gilimanuk-Tabanan ini akan tersambung dengan Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.


"Itu sebenarnya menyambung secara jaringan Probowangi, kan dari Probolinggo ke Banyuwangi," kata Danang Parikesit ketika ditemui di sela menghadiri sebuah acara di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (21/1/20).



Terkait rencana menyambungkan Tol Trans Jawa dengan Tol Gilimanuk-Tabanan ini, pihaknya juga tengah berbicara dengan PT ASDP Indonesia Ferry.

Pasalnya, ketersambungan tersebut tetap membutuhkan angkutan penyeberangan yang ada di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk. Dalam hal ini ASDP merupakan operator angkutan penyeberangan di pelabuhan tersebut.

"Kami kemarin juga bicara dengan ASDP untuk bagaimana perbaikan konektivitas tol dengan angkutan penyeberangan, terminal penyeberangan antara Ketapang dan Gilimanuk," kata Danang.

Saat ini, Tol Probowangi memang masih dalam proses pengerjaan. Danang menilai, jika Tol Probowangi sudah beroperasi, maka kemampuan pelabuhan yang menghubungkan dua pulau tersebut perlu diperhatikan.

"Nah tentu saja ini kalau sudah terjadi, Ketapang Gilimanuk juga sudah expanded kapasitasnya, nanti permintaan berikutnya pasti dari Gilimanuk ke tempat lain," katanya.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading