Jokowi Minta Menteri 'Gercep' Bangun Labuan Bajo

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 January 2020 12:17
Jokowi Minta Menteri 'Gercep' Bangun Labuan Bajo
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pengembangan destinasi super premium Labuan Bajo akan dibenahi secara menyeluruh pada awal tahun ini.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat memimpin rapat terbatas mengenai pengembangan destinasi wisata Labuan Bajo di Plataran Komodo Resort, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (20/1/2020).

"Kita ingin agar segmen pasar wisatawan yang hadir disini adalah yang pengeluarannya lebih besar dari wisatawan kebanyakan," kata Jokowi, seperti dikutip laman Sekretariat Kabinet.


"Oleh sebab itu, kita perlu sekali melakukan integrasi, baik yang berkaitan dengan kerapihan, kebersihan, dan kenyamanan keamanan bagi para wisatawan," tegas Jokowi.

Jokowi Minta Menteri 'Gercep' Bangun Labuan BajoFoto: Presiden Tinjau Kesiapan Wisata Bahari di Labuan Bajo. (Dok: Biro Pers)


Berdasarkan catatan Jokowi, setidaknya ada 5 zona atau kawasan yang perlu ditata. Mulai dari Bukit Pramuka, Kampung Air, Pelabuhan Peti Kemas, Kawasan Marina, hingga zona Kampung Ujung.

Jokowi menyampaikan bahwa kelima zona tersebut akan menjadi sebuah ruang publik tidak terputus yang menghadirkan sebuah pemandangan yang apik dan diharapkan menjadi generator penggerak pembangunan di Labuan Bajo.

"Berkaitan infrastruktur, saya berharap awal tahun ini runway dan terminal segera dimulai," kata Jokowi.

Kepala negara menginginkan masyarakat setempat bisa menikmati dan menjadi bagian kecil dari pembangunan yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan kawasan wisata Labuan Bajo.

"Karena itu sumber daya masyarakat lokal cepat-cepat harus kita tingkatkan keahliannya, kompetensinya, baik dari sisi keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di industri pariwisata yang kita kerjakan," kata Jokowi.

Adapun jajaran menteri yang hadir dalam rapat terbatas kali ini antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Selain itu, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, hingga Gubernur Nusa Tenggara Barat Victor Laiskodat.





[Gambas:Video CNBC]





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading