Crazy RIch Jepang Bakal Umumkan Pemenang Giveaway Rp 125 M

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 January 2020 21:03
Crazy RIch Jepang Bakal Umumkan Pemenang Giveaway Rp 125 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Pebisnis sekaligus miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa akan segera mengumumkan pemenang dari hadiah uang total US$ 9 juta (sekitar Rp125 miliar) yang ia bagikan kepada follower Twitter-nya.

"Para pemenang akan dikirimi pesan langsung di platform media sosial minggu depan," katanya melalui akun Twitternya.

Sebelumnya Maezawa telah menjelaskan dalam video YouTube bahwa alasannya mengadakan kontes itu adalah sebagai bentuk eksperimen sosial. Ia ingin melihat apakah uang pemberian tersebut bisa meningkatkan kebahagiaan penerimanya.



Maezawa akan memberikan 1 juta yen kepada 1.000 pengikut yang dipilih secara acak dari mereka yang me-retweet postingan yang ia bagikan pada tanggal 1 Januari, dengan dampak uang yang akan dilacak melalui survei reguler.

Ini adalah kali kedua Maezawa membagi-bagikan uang di Twitter-nya. Sebelumnya pada 2019 lalu ia membagikan 100 juta yen Jepang untuk 100 orang. Saat itu postingannya menjadi yang paling banyak di-retweet, dan dibagikan hampir 5 juta kali.

"Pada tahun 2019, saya memberikan hadiah 100 juta yen di Twitter (1 juta yen untuk 100 pemenang). Saya memegang rekor untuk tweet yang paling banyak di-retweet. Pada tahun 2020, saya memberikan hadiah hingga 1 miliar yen. Eksperimen sosial ini akan mempelajari efek UBI. Apakah Anda akan lebih bahagia jika Anda diberi 1 juta yen?" tulisnya di Twitternya, Sabtu.

Sebagai informasi, Maezawa adalah orang terkaya ke-22 di Jepang, menurut Forbes, dengan kekayaan US$ 2 miliar.


Ia memperoleh kekayaannya dari menjual CD dan rekaman band-band favoritnya melalui pos dari rumah dan mendirikan Zozotown pada tahun 1998.

Maezawa sendiri merupakan penumpang pribadi pertama yang terbang ke bulan dengan SpaceX milik Elon Musk. Ia juga terkenal karena gaya hidup mewah dan tak ragu mengeluarkan banyak uang untuk mobil, seni dan olahraga. Ia juga dikenal memiliki ide-ide liar seperti dunia tanpa uang.


[Gambas:Video CNBC]





(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading