Ada 14,9 Juta Pelancong Sambangi RI, dari Malaysia Terbanyak

News - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
02 January 2020 19:05
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 14,92 juta wisatawan mancanegara (wisman) menyambangi Indonesia.

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sebanyak 14,92 juta wisatawan mancanegara (wisman) menyambangi Indonesia sejak Januari hingga November 2019.

Kepala BPS Suhariyanto menyebutkan, jumlah pelancong luar negeri ini naikĀ 3,55% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 14,40 juta pelancong.

Jumlah ini terdiri dari pelancong yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 9,03 juta kunjungan, pintu masuk laut sebanyak 3,84 juta kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 2,05 juta kunjungan.

Hingga November, 14,92 Juta Pelancong Sambangi RIFoto: BPS. (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidik)


Sementara itu, pada periode November 2019 saja, pelancong mancanegara bertambah 1,29 juta, atau naik 11,55% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 1,16 juta pengunjung.


"Ada penambahan jumlah wisatawan dari Uni Emirat Arab, Vietnam dan Rusia," kata Suhariyanto, di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (2/01/2020).

Suhariyanto menjelaskan, adanya kenaikan jumlah pelancong pada tahun ini karena adanya sejumlah destinasi wisata baru dan pembukaan rute penerbangan langsung dari China ke Indonesia.

Sementara, pada tahun lalu, terjadinya bencana alam di Lombok menyebabkan terjadinya penurunan jumlah wisatawan asing.

Secara kumulatif hingga 11 bulan tahun lalu, wisman yang datang dari wilayah ASEAN memiliki persentase kenaikan paling tinggi, yaitu sebesar 18,11% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Sedangkan, wilayah Asia selain ASEAN memiliki persentase penurunan paling besar, yaitu sebesar 9,93%.

Sementara menurut kebangsaan, kunjungan wisman yang datang ke Indonesia selama 2019 paling banyak berasal dari wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 2,83 juta kunjungan, diikuti Tiongkok 1,92 juta pelancong dan berikutnya adalah Singapura, Australia dan Timor Leste.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Sepi... Begini Penampakan Bali di Tengah Pandemi Covid-19


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading