Cerita Sri Mulyani: Modus Batu Bata Si Penyelundup Ferrari Cs

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
18 December 2019 10:15
Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa modus yang digunakan dalam kasus penyelundupan kali ini unik.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kembali menggagalkan penyelundupan kendaraan bermotor yang masuk ke RI. Semua kendaraan yang digagalkan masuk melalui pelabuhan yang ada di Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa modus yang digunakan dalam kasus penyelundupan kali ini adalah dengan memberitahukan barang tidak sesuai dengan isi sebenarnya.

"Kita hari ini melakukan penertiban penangkapan kendaraan bermotor di Tanjung Priok. Di depan ini adalah sebagian dari contoh motor yang diselundupkan. Penyelundupan menggunakan kontainer masuk melalui Tanjung Priok," ujarnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (17/12/2019).


Menurutnya, yang menggunakan pola penyelundupan dengan kontainer yang masuk RI melalui Tanjung Priok ada sebanyak 53 unit. Ini terdiri dari 19 mobil mewah dan 35 sepeda motor.

Cerita Sri Mulyani: Modus Batu Bata Penyelundup Ferrari CsFoto: Penindakan Mobil & Motor Mewah BC Tanjung Priok. (CNBC Indonesia/Lidya Kembaren)


"Ini di Tanjung Priok saja. Tapi kita tentunya akan lakukan pengawasan di seluruh pelabuhan di Indonesia termasuk pelabuhan yang kecil," kata dia.

Menurutnya barang tersebut berasal dari berbagai negara seperti Singapura hingga Jepang. Semuanya memalsukan daftar manifest dengan mengatakan yang tidak sesuai.

"Bilangnya impor batu bata tahunya mobil dan aksesoris mobil lainnya," jelasnya.

Menurutnya, ada tujuh perusahaan yang melakukan tindakan ilegal tersebut. Semuanya adalah perusahaan dalam negeri. Perusahaan tersebut adalah PT SLK, PT TJI, PT NILD, PT MPMP, PT IRS, PT TNA, dan PT TSP.

Barang tersebut merupakan mobil mewah dengan merk beragam, mulai dari Ferarri, BMW, Mercedez Benz hingga Porsche untuk mobil. Sedangkan merk motor ada Harley Davidson, motor Honda 1000L hingga motor Ducati.

"Kita juga dalam hal ini akan lakukan upaya penegakan hukum. Saya berharap dukungan instansi akan terus berjalan, dan Polri dan Jaksa Agung akan lakukan tindakan pengawalan dari awal kasus ini," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading