Siap-siap, Indonesia Sudah Mau Bangkit!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
10 December 2019 11:02
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), data penjualan ritel menebarkan optimisme. Apakah perlambatan ekonomi Indonesia sudah mencapai dasar dan siap untuk berbalik arah?

Bank Indonesia (BI) melaporkan penjualan ritel pada Oktober tumbuh 3,6% year-on-year (YoY). Lebih baik dibandingkan pertumbuhan September sekaligus menjadi yang catatan terbaik sejak Mei.




Pekan lalu, BI merilis angka IKK yang juga mengalami perbaikan. Pada November, IKK tercatat 124,2 dibandingkan posisi Oktober yang sebesar 118,4.

IKK menggunakan angka 100 sebagai titik mula. Angka di atas 100 menandakan konsumen percaya diri menghadapi tantangan ekonomi saat ini dan beberapa bulan ke depan. IKK Indonesia yang terus naik berarti konsumen Indonesia semakin pede.

 


Rilis data IKK dan kemudian penjualan ritel memberi sinyal bahwa konsumsi rumah tangga bergairah pada kuartal IV-2019. Konsumsi rumah tangga adalah penyumbang terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dengan kontribusi di atas 50%.

Jadi kalau sang kontributor terbesar sudah pulih, maka sepertinya pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2019 bakal lumayan oke. Besar kemungkinan lebih baik dibandingkan kuartal III-2019, yang 'cuma' tumbuh 5,02%.


Dunia Usaha Mulai Bangkit?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading