Ada Binomo Cs, Wamendag Ingatkan Tawaran Keuntungan Tinggi

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
05 December 2019 18:59
Ada Binomo Cs, Wamendag Ingatkan Tawaran Keuntungan Tinggi
Jakarta, CNBC Indonesia - Wamendag Jerry Sambuga mengingatkan masyarakat agar berhati-hati dalam tawaran investasi yang terkait Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK). 

Belum lama ini, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag, memasukkan Binomo.com dan Binomo.net sebagai domain situs entitas ilegal di bidang perdagangan berjangka komoditi bersama 56 domain lainnya.

Menurut Jerry, ada tujuh aspek yang perlu diperhatikan dalam menjalankan investasi ini. Yakni mulai dari melihat latar belakang perusahaan, mempelajari tata cara transaksi dan penyelesaian perselisihan, mempelajari jangka komoditi yang diperdagangkan.


"Termasuk jangan percaya janji keuntungan tinggi, kemudian perhatikan pialang berjangka yang dapat izin Bappebti, lalu pelajari dokumen perjanjian, hingga mempelajari risikonya," katanya pada Indonesia Derivative Reach International Market Summit yang berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Kamis (5/12/2019).

Pilihan Redaksi


    Cara-cara tersebut bisa mencegah potensi kerugian yang dialami masyarakat dari pihak-pihak yang bertanggung jawab dengan berselubung. Apalagi, sudah menjadi rahasia umum ada pihak yang menjanjikan keuntungan tinggi tanpa melihat faktor-faktor lainnya.

    Jerry juga mengatakan masyarakat yang ingin bertransaksi maka ada dua cara, yakni transaksi multilateral serta transaksi bilateral/sistem alternatif. Indonesia juga disebut politisi partai Golkar itu memiliki dua bursa berjangka dan dua lembaga kliring berjangka di bawah pengawasan Kementerian Perdagangan.

    "Dalam hal ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi atau Bapebbti," katanya lagi.

    Pengawasan yang ketat memang harus diperhatikan. Apalagi dalam 3 tahun terakhir angka transaksi perdagangan berjangka komoditi  tumbuh positif. Pada 2018 meningkat 25,20% dari 2017. Kemudian hingga Oktober 2019 naik sebesar 27,06% dibanding periode sama tahun 2018.

    Jerry mengakui dengan potensi tersebut bahwa ada potensi lahirnya pihak yang menjalankan usaha tanpa adanya izin Bappebti, sehingga bisa disebut ilegal. Dengan cara seperti ini bukan tidak mungkin masyarakat bisa dirugikan.

    "Akan diawasi terus menerus dengan kominfo dalam penyediaan layanan domain serta melakukan blokir domain. Ada juga Satuan tugas waspada investasi OJK, Bank Indonesia, Kepolisian dalam hentikan transaksi perdagangan ilegal. Demi kepastian hukum dan usaha," katanya.

    Bappebti telah memblokir total 199 domain situs entitas ilegal sepanjang 2019. Menurut Tjahja, entitas-entitas tersebut biasanya menawarkan investasi berkedok forex dengan menjanjikan keuntungan tetap atau fixed income di luar kewajaran dalam bentuk paket-paket investasi seperti Paket Silver, Gold, Platinum dan sebagainya untuk menarik calon korbannya.

    "Selain itu juga terdapat entitas yang melakukan kegiatan selayaknya pialang berjangka dengan menjadi Introducing Broker (IB) dari Pialang Luar Negeri," kata Tjahja. (hoi/hoi)
    Terpopuler
      spinner loading
    Features
      spinner loading