Gandeng PLN, LEN Bangun Stasiun Listrik Sampai Panel Surya!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
03 December 2019 15:30
LEN industri bersama dengan PLN bakal membangun stasiun listrik hingga makin gencar membangun panel surya
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Len Industri menjajaki kerjasama pembuatan stasiun listrik hingga panel surya dengan PT PLN (Persero).

Rencananya di awal tahun depan sudah akan dimulai dengan membuat sebanyak 180 titik stasiun listrik untuk penyediaan infrastruktur mobil listrik. Namun pengembangan teknologinya masih terus dilakukan.

"Sekarang mulai bergulir, walau ada kendala teknologi, pemilihan jenis dari charging station itu ada dinamikanya, karena sekarang masih 20-30 menit sekali charging, jadi kami cari siasat agar sistem charging bisa lebih cepat, sehingga aplikasi di lapangan tidak kalah cepat dengan sama kita isi bensin," kata Direktur Utama PT LEN Industri Zakky Gamal Yasin.


Namun Zakky menyebut charging station sudah terbangun di lingkungan kantor LEN yang berada di Bandung. "Jadi kalau ada mobil listrik di Bandung, bisa charge di kami," sebutnya. Modal yang dibutuhkan untuk satu tempat pengisian daya diperkirakan mencapai Rp. 500 juta.

Sementara untuk pengisian panel surya, Zakky menyebut akan membangun pabrik panel surya. Lokasinya di Subang dan rencananya akan dibangun infrastruktur pendukung pada awal tahun depan. Sehingga ditargetkan pada 2021 sudah mulai beroperasi.



Potensi yang dihasilkan sangat besar, namun sayang programnya belum berjalan maksimal. "Project PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Indonesia belum mulai. Dengan target 6,2 GW realisasi baru 200 MW," katanya.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Zakky mengklaim ada investor yang sudah tertarik untuk ikut berinvestasi. Nilai investasi diperkirakan mencapai 1 Triliun rupiah. "Kami juga cari partner ke Korea dan China, ada satu perusahaan besar di China yang tertarik untuk bangun pabrik di Indonesia, sehingga bisa dukung potensi di Indonesia," sebutnya.

Jika sudah jadi, PLTS yang dibuat bisa dibangun di banyak tempat. Mulai dari perumahan masyarakat hingga gedung BUMN.

"Matahari tiap hari lewat rumah kita, tapi energinya tidak kita manfaatkan, padahal bisa dapatkan listrik yang lebih efisien sehingga bisa jadi listrik. Misalnya di gudang, pabrik, perumahan. Kami riset di gudang Bulog, hektaran itu, rencananya kita sama PLN akan taruh solar energi dan jual ke Bulog dan masyarakat sekitar," sebut Zakky.
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading