Ini Daftar Tol Trans Sumatera yang Dibuka Fungsional & Gratis

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
03 December 2019 12:48
Ruas tol trans Sumatera bakal beroperasi fungsional yang akan dioperasikan untuk masa libur Natal dan Tahun Baru.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagian Ruas tol trans Sumatera yang masih dalam proses konstruksi bakal beroperasi fungsional yang akan dioperasikan untuk masa libur Natal dan Tahun Baru.

Adapun panjang ruas yang akan dioperasikan mencapai 42,5 km. Rinciannya, ruas tol Tol Kayu Agung-Palembang-Betung sepanjang 33 km.
"Ini exit-nya di Jakabaring," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR Basuki Hadimuljono, di sela rapat kerja bersama Komisi V DPR RI di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Selanjutnya yang juga masuk jaringan Tol Trans Sumatera yakni ruas Tol Pekanbaru - Dumai. Ruas tol yang juga akan beroperasi fungsional ini sepanjang 9,5 Km.



Sebagai informasi, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189km, telah diresmikan dan menambah panjang daftar ruas tol Trans Sumatera yang beroperasi.

PT Hutama Karya (Persero) sebagai kontraktor juga membangun ruas lain, menyambung dari ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan Panjang 140 km. Selanjutnya Lampung hingga Kayu Agung, Palembang kini dapat ditempuh dalam waktu rata-rata 4-5 jam saja.

Tidak hanya fokus pembangunan konstruksi di selatan pulau Andalas, Sumatera, PT Hutama Karya juga terus membangun ruas-ruas prioritas lainnya, sehingga nantinya pada 2024, Lampung hingga Aceh sepanjang 2.765km yang terdiri dari 24 ruas dapat tersambung dan beroperasi dengan penuh.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading