Jangan Jadi Korban, Ini Tips Aman Melintas Tol Trans Sumatera

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
28 November 2019 17:17
Jangan Jadi Korban, Ini Tips Aman Melintas Tol Trans Sumatera
Jakarta, CNBC Indonesia- Jalan tol Trans Sumatera memang menarik untuk dijajal. Apalagi ruas Bakauheni sampai pintu keluar Kayu Agung masih cenderung sepi karena tergolong baru.

Tol Trans Sumatera tersebut terbagi menjadi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) berjarak 140 KM dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) memiliki jarak 189 km. Kedua ruas tol tersebut efektif memotong waktu tempuh Lampung-Palembang dari awalnya 10 jam menjadi hanya 5 jam.

Namun, sebelum menjajal ruas tol tersebut, pastikan anda sudah mengetahui aturan berkendara di jalan tol, terutama yang tergolong baru. Jangan anggap sepele berkendara di jalan bebas hambatan ini.



Pertama, pastikan saldo uang elektronik sudah terisi dan cukup untuk membayar tarif tol. Meski saat ini mudah mengisi saldo uang elektronik, akan lebih baik jika saldo cukup terisi sebelum memasuki ruas tol.

Kedua, saat memasuki jalan bebas hambatan, pastikan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Berapapun kecepatan tempuh, pastikan ada jarak aman, agar ada ruang cukup ketika ada hal darurat.

Selanjutnya, pastikan mengetahui jalur yang akan ditempuh. Minta bantuan orang lain yang paham seluk beluk jalan sebagai navigator. Jika harus sendiri, manfaatkan aplikasi navigator yang saat ini banyak tersedia.

Kemudian, pahami setiap jalur di jalan tol. Jangan gunakan jalur paling kanan dengan kecepatan lambat karena akan mengganggu pengendara lain.

Yang terpenting, jangan menggunakan jalur bahu jalan meski ruas jalan dalam keadaan padat. Beberapa kejadian kecelakaan terjadi karena kendaraan menabrak truk yang sedang parkir darurat di bahu jalan

Hal lain yang tak kalah penting adalah perhatikan rambu lalu lintas dan petunjuk lainnya. Misalnya untuk petunjuk rest area, SPBU hingga petunjuk lain. Jika sudah merasa lelah, pastikan segera menuju ke rest area terdekat.

Ingat, jangan memaksakan diri dan berfikir akan menemukan rest area yang lainnya. Karena di ruas tol baru, rest area belum tersedia banyak.


Sebelumnya, telah terjadi kecelakaan lalu lintas di km 52+200 Jalur B pada Ruas Bakter pada Rabu (27/11) sekitar pukul 00.35 WIB.
Penyebab kecelakaan diduga diakibatkan oleh pengemudi kendaraan L 300 nomor polisi  D7321 YH dari arah Kota Baru menuju Bakauheni mengantuk sehingga menabrak bagian belakang truk tronton Hino dengan nomor polisi B9047 KEU.

Beberapa menit setelah kejadian, Patroli Jalan Tol PT Hutama Karya (Persero) bersama Polisi Jalan Raya (PJR) tiba di lokasi kejadian, kemudian petugas ambulance segera  tiba membantu evakuasi 1 (satu) korban meninggal dunia yang dilarikan ke RS Abdoel Moeloek.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading