Bos Pertamina dan PLN Hampir Pasti Dirombak Tahun Ini!

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
15 November 2019 12:17
Bos Pertamina dan PLN Hampir Pasti Dirombak Tahun Ini!
Jakarta, CNBC Indonesia- Keinginan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, untuk merombak jajaran direksi pelat merah kelas kakap bukan sekadar wacana. Erick bakal menggeber pergantian direksi utama sampai akhir tahun ini.

Setidaknya 5 BUMN yang akan dirombak atau diganti bos-nya, yakni Bank BTN, Bank Mandiri, Inalum, PLN, dan Pertamina. "Iya ada 5 BUMN, kalau bisa akhir tahun ini selesai," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga, dalam wawancara bersama CNBC Indonesia, Jumat (15/11/2019).

Baca juga: Erick Thohir Mencari Bos 5 BUMN Raksasa 


Seperti diketahui, untuk 3 BUMN yakni BTN, Mandiri, dan Inalum sedang dalam proses. Untuk direktur utama Inalum bahkan nama-namanya sudah diserahkan ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Nama terpilih nanti akan menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang kini menjadi Wakil Menteri BUMN.

Tidak hanya 5 BUMN raksasa di atas, BUMN lain juga terbuka kemungkinan untuk dirombak jajaran direksinya. "Kita juga akan sisir mana mana saja BUMN yang kinerjanya mandeg atau bermasalah. Ada yang masalahnya sudah bertahun-tahun dibiarkan saja, itu akan kita selesaikan. Jadi kita ingin percepat kinerja BUMN," jelas Arya.


Soal posisi Direktur Utama Pertamina, memang menjadi pembahasan panas dalam beberapa pekan terakhir. Ada yang mengatakan akan diganti, dan kabar calon penggantinya tak tanggung-tanggung adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Terkait hal ini, Arya tidak menjawab secara bulat. Ia hanya mengatakan pastinya direksi yang kinerja BUMN-nya tidak bagus akan diganti oleh Erick Thohir.

Saat ditanya apakah ini artinya Nicke Widyawati akan digeser dari kursi dirut, Arya menjawab, "Kalau bisa lari cepat, kalau tidak ya sudah."

Arya juga membenarkan Ahok akan ditempatkan di BUMN energi yang mengurus hajat hidup orang banyak. Arahnya adalah ke PLN atau Pertamina.


[Gambas:Video CNBC]



(gus/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading