Ambang Batas Turun, MenpanRB Jamin Kualitas CPNS RI Masih Oke

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
12 November 2019 15:20
MenpanRB Thahjo Kumolo memastikan kualitas CPNS RI masih oke meskipun passing grade turun
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo memastikan penurunan passing grade (nilai ambang batas) seleksi kompetensi dasar (SKD) tidak akan menurunkan kualitas dari calon pegawai negeri sipil (CPNS) nya.

Menurutnya, penurunan ambang batas ini akan diseimbangkan dengan soal-soal tambahan mengenai pancasila, antiradikalism dan penguatan kebangsaan.

"Tidak (menurunkan kualitas), karena ada soal radikalisme masuk. Jadi isu-isu kebangsaan juga ada," ujarnya di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (12/11/2019).


Selain itu, ia menilai ambang batas atas pada penerimaan CPNS tahun lalu terlalu tinggi. Hal ini yang membuat banyak dari beberapa kota yang masyarakatnya tidak lulus tes CPNS.



"Kalau tidak (diturunkan), kemarin (tahun 2018) tuh sampai ada beberapa kabupaten/kota enggak ada yang lulus. Kan kasian juga kami butuh pegawai tapi dari hasil tes itu soalnya ketinggian," jelasnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan CPNS yang bisa membuat portal down, maka Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan terus berjaga-jaga. Pasalnya, saat hari pertama saja, pendaftar CPNS sudah terlihat membanjiri portal sscn.go.id.

"Sudah diupdate, karena itu kewenangan BKN. Kami tiap hari update. Jadi secara prinsip baru 1 hari minatnya luar biasa," tegasnya.




[Gambas:Video CNBC]


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading