Bung Anies, Anda Serius Mau Jadi Calon Presiden RI 2024?

News - Redaksi, CNBC Indonesia
10 November 2019 17:01
Bung Anies, Anda Serius Mau Jadi Calon Presiden RI 2024? Foto: Anies Baswedan bertemu dengan Surya Paloh di DPP NasDem, beberapa waktu lalu (Eva/detikcom)
Jakarta, CNBC Indonesia - Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam pembukaan kongres Partai Nasional Demokrat di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019), masih menyisakan polemik. Timbul anggapan Partai NasDem via sang ketua umum Surya Paloh ingin memperkenalkan Anies sebagai sosok potensial calon presiden 2024-2029.

Lalu, apa jawaban Surya terkait anggapan itu?


"Terserah Bung Anies barangkali kalau dia memang yakin dia mau maju 2024. Tanya Anies," kata Surya seperti dilansir detik.com, Minggu (10/11/2019).


Saat itu, Anies berada di sisi kanan Surya. Merespons pertanyaan itu, Anies hanya mengatakan kehadiran dalam pembukaan kongres Partai NasDem sebagai kepala daerah.

"Kita atas nama warga Jakarta, karena Partai NasDem kongres di Jakarta, ucapkan selamat datang, selamat kongres," ujar Anies.

Selain sebagai kepala daerah, kedatangan Anies juga dilatarbelakangi sosoknya sebagai salah satu inisiator organisasi massa NasDem. Ormas itulah kelak berubah menjadi partai.

Kehadiran Anies dalam acara itu juga hadir di tengah dinamika politik selepas Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dilantik sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024. Tidak lama setelah pelantikan yang digelar 20 Oktober 2019, safari politik digelar Surya ke pihak oposisi, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS).



Di sana, Surya tampak akrab dengan para petinggi PKS, termasuk sang presiden, Sohibul Iman. Jokowi, dalam pembukaan HUT ke-55 Partai Golongan Karya, bahkan mengaku 'cemburu' dengan keakraban Surya dan Sohibul.

"Agenda suksesi 2024 bisa mempersatukan NasDem-PKS. Anies Baswedan adalah magnet yang akan mempersatukan poros ini," kata pengamat politik dari UPN Veteran Jakarta, Andriardi Achmad, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/11/2019), seperti dikutip detik.com.

Andriadi mengatakan pendekatan NasDem terhadap Anies sudah mulai masif pasca-Pilpres 2019. Ketika itu, Anies bertemu dengan Surya di DPP NasDem Cikini.

Menurut Andriadi, partai politik yang mampu menghadirkan sosok capres juga berpotensi menjadi pemenang pemilu legislatif 2024.

"AHY dipersiapkan Partai Demokrat, PDIP telah menyiapkan Puan Maharani. Anies Baswedan berpeluang diusung koalisi PKS-NasDem," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading