Breaking News

Neraca Pembayaran Masih Tekor, CAD Membaik ke 2,7% PDB

News - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
08 November 2019 10:19
Neraca Pembayaran Masih Tekor, CAD Membaik ke 2,7% PDB
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) melaporkan Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan III-2019.

Pada periode tersebut, NPI mencatatkan defisit US$ 46 juta lebih rendah dibandingkan dengan defisit pada triwulan sebelumnya sebesar US$ 2,0 miliar.

"Kondisi tersebut ditopang oleh defisit neraca transaksi berjalan yang membaik serta surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat," tulis BI dalam keterangannya, Jumat (8/11/2019).


Sementara Defisit neraca transaksi berjalan (CAD/Current Account Deficit) membaik didukung oleh menurunnya defisit neraca perdagangan migas di tengah surplus neraca perdagangan nonmigas yang stabil.

Neraca Pembayaran Masih Tekor, CAD Membaik ke 2,7% PDBFoto: CNBC Indonesia


Defisit neraca transaksi berjalan pada triwulan III 2019 tercatat sebesar US$ 7,7 miliar atau 2,7% dari PDB.

"Lebih rendah dibandingkan dengan defisit pada triwulan sebelumnya yang mencapai US$ 8,2 miliar (2,9% dari PDB)."

Perbaikan kinerja neraca transaksi berjalan terutama ditopang oleh meningkatnya surplus neraca perdagangan barang, sejalan dengan menurunnya defisit neraca perdagangan migas di tengah surplus neraca perdagangan nonmigas yang stabil.

Membaiknya defisit neraca perdagangan migas dipengaruhi oleh impor migas yang menurun sejalan dengan dampak positif kebijakan pengendalian impor, misalnya program B20. Sementara itu, surplus neraca perdagangan nonmigas tercatat stabil di tengah perekonomian dunia yang melambat dan harga komoditas ekspor Indonesia yang menurun.

Defisit neraca transaksi berjalan yang membaik juga didukung oleh penurunan defisit neraca pendapatan primer akibat lebih rendahnya repatriasi dividen dan pembayaran bunga utang luar negeri.


(Breaking News)






(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading