Jika Benar Ada 'Desa Setan', Itu Pengkhianatan & Konyol!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
07 November 2019 13:03
Jika Benar Ada 'Desa Setan', Itu Pengkhianatan & Konyol!
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkap ada desa fiktif alias 'desa setan' yang aktif menerima program Dana Desa.

Istana Negara sendiri sudah buka suara mengenai keberadaan desa tidak berpenduduk alias 'Desa Setan' yang mendapatkan aliran dana desa yang disalurkan pemerintah tersebut.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman mengemukakan saat ini Istana tengah mengumpulkan data-data seperti yang disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait keberadaan 'Desa Setan'


"Kami sedang mengumpulkan informasi tentang apa yang berkembang. Ada yang mengatakan dari 70.400 desa itu ada dana yang tidak sampai, atau ada desa yang tidak ada," kata Fadjroel saat berbincang dengan awak media, Kamis (7/11/2019).

"Kami sedang kumpulkan, nanti data itu akan kami berikan kepada pak Mensesneg [Pratikno] untuk meminta pendapat langsung beliau. Kami sedang kumpulkan data," kata Fadjroel.

Nah Anggota Komisi XI DPR Didi Irawadi Syamsuddin menilai, jika hal tersebut benar, maka hal ini sungguh pengkhianatan.

"Ini pengkhianatan yang konyol dan keterlaluan terhadap hak rakyat yang harusnya disalurkan lewat dana desa tersebut," terangnya seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (7/11/2019).

"Saya sebagai anggota Komisi XI DPR RI mendukung sepenuhnya investigasi secepatnya oleh Menkeu Sri Mulyani."

Menurutnya, sungguh sangat tidak bertanggung jawab jikalau dana desa yang tujuannya untuk membangun dan menyejahterahkan desa justru masuk ke kantong-kantong pribadi yang tidak bertanggung jawab.

"Sekali lagi jika benar adanya, langkah selanjutnya utamanya langkah hukum oleh KPK adalah harga mati. Sanksi-sanksi lain melalui Kemendagri, Menteri Desa harus segera dilakukan."


[Gambas:Video CNBC]





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading