Jangan Main-main Sama Tito Karnavian, Pengawas Dana Rp 850 T

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
06 November 2019 09:18
Tapi tugasnya sangat berat, dia harus mengawasi aliran Dana Desa oleh pemerintah pusat sebesar Rp 850 triliun pada tahun anggaran 2020
Jakarta, CNBC Indonesia - Meskipun kini Mendagri Tito Karnavian hanya mendapatkan anggaran untuk kementeriannya sebsar Rp 3,5 triliun. Tapi tugasnya sangat berat, dia harus mengawasi aliran Dana Desa oleh pemerintah pusat sebesar Rp 850 triliun pada tahun anggaran 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pesan khusus kepada Tito. Dia menyarankan agar Tito tidak kaget apabila sekarang dirinya harus mengawasi anggaran dana desa tahun depan, yang terbilang cukup besar.

"Pak Tito, biasanya jadi Kapolri yang biasanya belanjanya Rp 100 triliun, sekarang mendagri anggarannya cuma menjadi Rp 3,5 triliun. Saya bilang, bapak jangan kaget, karena bapak sekarang tugasnya mengawasi yang Rp 850 triliun transfer ke daerah," kata Sri Mulyani kemarin.

Jika ditelisik lebih dalam, Tito sebenarnya juga mempunyai kuasa untuk megelolaa dana bagi partai politik. Dikutip dari Buku III RKA/KL dari Kemenkeu, Selasa (5/11/2019), Kemendagri mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 3,43 triliun.


Pagu anggaran tahun 2020 yang sebessar Rp 3,43 triliun tersebut lebih tinggi dibandingkand engan alokasi anggaran pada APBN 2019 yang sebesar Rp 3,17 triliun.

Dengan pagu anggaran tahun depan tersebut, Kemendagri akan melanjutkan kegiatan prioritas dan strategis; khususnya terkait Program Pembinaan Politik dan Penyelenggaraan Pemerintahan Umum, antara lain:

1) Penguatan Pokja Demokrasi pada 15 provinsi, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 3,5 miliar;
2) Penyaluran bantuan keuangan partai politik, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 121,9 miliar;
3) Tim terpadu penanganan konflik sosial (PKS) di daerah yang efektif di 34 provinsi, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 5,1 miliar.

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading