Kilang LNG Masela Dibangun di Kepulauan Tanimbar

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
05 November 2019 20:08
SKK Migas ajukan surat untuk penetapan lokasi kilang LNG Blok Masela
Jakarta, CNBC Indonesia - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan mempercepat pembangunan proyek Lapangan Abdi Masela. Satu langkah kongkretnya yakni Penetapan Area LNG yang direncanakan dibangun di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Saat berkunjung ke Maluku Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyerahkan surat permohonan penetapan lokasi dan surat rekomendasi gubernur. Surat tersebut disampaikan langsung ke Gubernur Maluku Irjend Polisi (Purn) Murad Ismail disaksikan oleh Presiden Inpex Akihiro Watabe dan Kepala DPRD Provinsi Maluku Lucki Wattimury, Senin, (4/11/2019) lalu.

Dwi Soetjipto mengatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pembangunan proyek ini. Pertama, kualitas, menjadi hal yang penting karena LNG Plant yang dibangun akan dioperasikan dalam jangka panjang, sampai dengan 2055.


Kedua, schedule, semakin cepat pembangunan hasilnya akan semakin cepat dinikmati oleh Pemerintah Pusat maupun Pemda dan masyarakat sekitar. Terakhir adalah cost. "Untuk melakukan keduanya tetap harus memperhatikan cost atau biaya. Harus menggunakan biaya yang efesien," ungkapnya dalam keterangan resminya.



Dalam sambutannya Gubernur Maluku menyampikan akan memberikan dukungan penuh untuk eksekusi pembangunan dan mempercepat pembangunan proyek tersebut. Agar dampaknya bisa segera dirasakan masyarakat.

"Saya ingin tahun 2020 Amdal dan pengadaan lahan dapat selesai. Sehingga di tahun berikutnya kegiatan fisik sudah dapat dimulai. Harapannya produksi gas bumi dapat disegerakan," paparnya.

Hal senada disampaikan Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon. Menurutnya Pemda Kabupaten Kepulauan Tanimbar siap mendukung Proyek Abadi Masela. "Serta mengajak seluruh jajaran, tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda untuk turut mendukung proyek strategis nasional tersebut," ungkapnya.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading