Di Balik Jersey Bernomor 21 dari FIFA untuk Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
04 November 2019 16:40
Negara-negara ASEAN meneken penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA)
Jakarta, CNBC Indonesia - Negara-negara ASEAN meneken penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) yang dilaksanakan di Bangkok, Thailand, akhir pekan lalu.

Nota kesepahaman ini berbicara tentang pengembangan dan peningkatan sepak bola dengan tujuan mendorong pembangunan sosial serta gaya hidup sehat di kawasan, seperti dikutip melalui keterangan resmi.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Dato' Lim Jock Hoi dan Presiden FIFA Gianni Infantino dalam rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN dan disaksikan oleh para pemimpin negara-negara ASEAN.


FIFA pun memberikan sejumlah pemimpin negara ASEAN sebuah jersey berwarna biru terang yang sudah bertuliskan nama para pemimpin negara. Setidaknya, ada 10 pemimpin negara yang memperoleh jersey tersebut.

Di Balik Jersey Bernomor 21 dari FIFA untuk JokowiFoto: Presiden Jokowi Saat Bertemu Presiden FIFA: 10 Stadion Kami Siapkan untuk Piala Dunia U-20 (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)


Namun, ada hal unik yang terjadi ketika Presiden Joko Widodo menjadi satu-satunya pemimpin negara ASEAN yang mendapatkan nomor punggung berbeda dari Presiden FIFA Gianni Infantino.

Tujuh di antaranya mendapatkan jersey bernomor punggung 9, dua lainnya mendapatkan nomor punggung 10. Hanya Jokowi yang mendapatkan nomor punggung 21.

Perbedaan ini membuat para pemimpin negara ASEAN bertanya-tanya saat berada di atas panggung.



Salah seorang delegasi FIFA yang hadir dalam pertemuan menjelaskan, bahwa nomor punggung 9 diperuntukkan bagi para kepala pemerintahan. Nomor punggung 10 diberikan kepada para kepala negara.

Adapun khusus untuk Jokowi, diberikan nomor punggung 21. Lantas, apa makna dari nomor punggung tersebut?

Delegasi FIFA itu menyebutkan, nomor punggung tersebut merupakan makna keberhasilan Indonesia yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Dalam sepakbola, nomor punggung 21 identik dengan eks gelandang Juventus dan tim nasional Italia, Andrea Pirlo. Maestro, julukan Pirlo memang menjadikan nomor tersebut sebagai nomor favoritnya.

"Ayah saya lahir tanggal 21. Angka tersebut juga tanggal pernikahan saya dan tanggal debut saya di Serie-A," kata Pirlo dalam autobiografinya yang dirilis di 2013.

"Saya selalu mengenakan nomor itu sejak awal dan saya tidak pernah menggantinya," ujarnya menambahkan.

Kiprah Pirlo selama berkarir pun tidak bisa dianggap sepele. Ia adalah pemimpin di dalam dan luar lapangan, maupun penendang tendangan bebas kelas wahid dan memiliki intelegensi yang tinggi.

Publik mengenalnya sebagai seorang Maestro; karena ia dapat memanfaatkan celah sesempit mungkin untuk mengirimkan umpan yang akurat melalui posisinya sebagai deep lying playmaker.

Semoga saja nomor punggung tersebut memberikan berkah bagi Indonesia, seperti kisah kesuksesan Pirlo ketika masih menjadi pemain!






(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading