Top! Akhir 2019 Bandara Solo Sudah Tersambung Kereta

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
04 November 2019 12:07
Kereta Bandara Solo akan dioperasikan 28 Desember 2019.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo Jawa Tengah, ditargetkan beroperasi akhir tahun 2019. Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, sudah mengecek progres terbaru proyek tersebut, Minggu (3/11/2019).

"Saya sudah melakukan pengecekan terhadap konstruksi-konstruksi yang ada dan relatif sudah tidak ada masalah lagi," ungkap Budi Karya melalui keterangan resmi yang dikutip CNBC Indonesia, Senin (4/11/2019).

Kereta Bandara Adi Soemarmo memiliki jalur sepanjang 12,9 Km dari pusat kota. Dengan jarak tersebut, waktu tempuh dipatok kurang lebih 15 menit dari pusat kota ke bandara.




Dalam sehari akan terdapat sekitar 60 perjalanan kereta yang melayani dari Stasiun Solo Balapan, Pusat Kota Solo, menuju Stasiun Bandara Adi Soemarmo maupun sebaliknya. Terdapat dengan 2 set kereta api (trainset) untuk melayani rute tersebut.

Budi Karya menyebut, saat ini progres konstruksi telah mencapai 94%. Praktis, tinggal sedikit saja bagian dari jalur tertentu yang belum terkoneksi.

"Yaitu terkait adanya perlintasan jalan tol sehingga kita harus membuat jalan tambahan. Ada pula hambatan yang berkaitan dengan warga dan ada yang berkaitan dengan teknis," ujarnya.

Kendati demikian, dia optimistis target operasi tetap terlaksana akhir tahun ini. Dengan begitu, masyarakat sudah bisa memanfaatkan kereta ini sebelum tahun baru 2020.

"Kita akan selesaikan ini di pertengahan Desember dan dioperasikan pada saat sebelum tahun baru. Kira-kira operasi tanggal 28 Desember," kata Budi Karya. 

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Cegah Sepi, KA Bandara Diobral dari Rp70 Ribu Jadi Rp40 Ribu


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading