Dear Para Pelamar CPNS, Hati-hati Kena Tipu!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 October 2019 09:54
Dear Para Pelamar CPNS, Hati-hati Kena Tipu!
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang dilakukan sejumlah oknum.

Hal tersebut ditekankan otoritas birokrasi menjelang dibukanya pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019, di mana surat imbauan tersebut langsung ditandatangani MenPANRB Tjahjo Kumolo.

"Kami mengingatkan agar para calon pelamar berhati-hati terhadap kemungkinan terjadinya penipuan berkaitan dengan proses penerimaan CPNS," kata Tjahjo dalam surat pengumuman yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (29/10/2019).



"Perlu kami informasikan bahwa tidak ada satu orang atau pihak manapun yang dapat membantu kelulusan," tegas Tjahjo.

Dalam surat bernomor B/1069/M.SM.01/2019 tersebut, pemerintah pun mengumumkan formasi penerimaan CPNS di sejumlah kementerian dan lembaga serta 462 pemerintah provinsi/kabupaten/kota.

Adapun pendaftaran direncanakan mulai tanggal 11 Nove,ber 2019 yang bisa dilakukan secara online maupun SSCASN Badan Kepegawaian Negara (BKN), seperti diumumkan dalam surat tersebut.

Pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian dan lembaga maupun pemerintah daerah, provinsi, kabupaten atau kota.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang direncanakan dimulai pada Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

"Pengumuman lebih lanjut terkait persyaratan pendaftaran dan lain-lain akan diumumkan oleh BKN dan instansi masing-masing," jelasnya.
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading