Duet Wishnutama-Angela Dapat Anggaran Rp 5 T, Buat Apa Saja?

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
28 October 2019 16:51
Duet Wishnutama-Angela Dapat Anggaran Rp 5 T, Buat Apa Saja?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi melantik Wishnutama dan Angela Tanoesoedibjo sebagai Menteri dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk periode 2019-2024. Keduanya akan bertugas untuk meningkatkan dan mengembangkan pariwisata serta ekonomi kreatif di Indonesia.

Setelah resmi menjabat, keduanya mempunyai tugas penting, salah satunya fokus mengembangkan 10 wisata Bali baru yang sudah menjadi program pemerintah sejak tahun ini. Untuk melakukan segala kegiatannya maka untuk tahun depan, keduanya akan mengelola anggaran sebesar Rp 5,27 triliun.

Anggaran tersebut terdiri dari anggaran Kementerian Pariwisata Rp 4,37 triliun dan Badan Ekonomi Kreatif Rp 889,6 miliar. Anggaran tersebut sudah disetujui oleh anggota dewan dan ditetapkan di APBN 2020.


Untuk tahun depan, kegiatan prioritas yang di fokuskan untuk pariwisata adalah melanjutkan Peningkatan Investasi Pariwisata dan Pengembangan Destinasi Pariwisata melalui Program 3A (Atraksi, Aksessibilitas dan Amenitas), Kegiatan Pengembangan Pemasaran Pariwisata mancanegara dan nusantara melalui pendekatan BAS (Branding, Advertising dan Selling) dan
strategi pemasaran serta Pengembangan Pendidikan Tinggi Bidang Pariwisata pada 6 daerah (Medan, Palembang, Bandung, Bali, Lombok dan Makassar).

Duet Wishnutama-Angela Dapat Anggaran Rp 5 T, Buat Apa Saja?Foto: Wishnutama tiba di Istana Negara (CNBC Indonesia/Tri Susilo)


Sedangkan kegiatan prioritas baru adalah Peningkatan Quality Tourism Experience yang akan dicapai melalui nilai-nilai utama pembangunan pariwisata berkelanjutan, peningkatan kepuasan pengalaman wisata, peningkatan SDM terampil, peningkatan diversifikasi produk dan jasa, serta adopsi teknologi. Project utama yang akan segera direalisasikan yaitu penyelesaian Kawasan Pariwisata Danau Toba, Borobudur dan sekitarnya, Lombok-Mandalika, dan Labuan Bajo Flores.

Adapun target untuk tahun depan dari sektor pariwisata adalah:
- Jumlah tenaga kerja yang diserap sebanyak 13 juta orang
- Kontribusi ke PDB 4,8%
- Jumlah wisman yang datang 18,5 juta orang
- Devisa yang masuk Rp 280 triliun
- Jumlah perjalanan wisman 300 juta perjalanan

Duet Wishnutama-Angela Dapat Anggaran Rp 5 T, Buat Apa Saja?Foto: Angela Tanoesoedibjo (CNBC Indonesia/Chandra Gian Asmara)


Sementara itu, keduanya juga akan bertugas untuk merumuskan, menetapkan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, dan televisi dan radio.

Adapun target tahun depan dari ekonomi kreatif adalah SDM kreatif yang diedukasi bisa mencapai 11.200 orang dan Infrastruktur TIK yang difasilitasi mencapai 8.500 orang.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading