Sri Mulyani, Soal Prabowo yang Sebut Menteri Pencetak Utang

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
24 October 2019 09:05
Diantaranya yang menarik perhatian adalah Prabowo Subianto yang resmi menjadi Menteri Pertahanan dan Sri Mulyani Indrawati yang tetap menjadi Menteri Keuangan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo telah resmi melantik para menteri untuk membantunya di periode 2019-2024 ini. Diantaranya yang menarik perhatian adalah Prabowo Subianto yang resmi menjadi Menteri Pertahanan dan Sri Mulyani Indrawati yang tetap menjadi Menteri Keuangan.

Terpilihnya keduanya menjadi satu tim di kabinet Indonesia maju menimbulkan pertanyaan bagaimana koordinasi yang akan dilakukan oleh keduanya. Apalagi selama ini, Prabowo menjadi salah satu orang yang paling sering menyentil Sri Mulyani terutama soal utang.

Bahkan Prabowo pernah menyebut Sri Mulyani sebagai Menteri Pencetak Utang dalam sebuah pidatonya.

Ditanya mengenai kordinasi dengan Prabowo Subianto dan menteri lainnya yang banyak dari Parpol, Sri Mulyani menanggapi dengan santai. Meski selama ini mendapat banyak nyinyiran dari anggota Parpol.


"Kalau mindset enggak seperti itu ya, karena kita di Kemenkeu, banyak kabinet mantan jendral, ketua partai, politisi kita tetap bekerjasama dengan baik. Jadi mindset kita mindset untuk kerjasama karena prioritas program jelas oleh bapak Presiden," kata dia saat serah terima jabatan di Kementerian Keuangan, Rabu (23/10/2019).

Menurutnya, untuk kebijakan-kebijakan yang strategis seperti anggaran akan tetap dikoordinasikan dengan anggota dewan. Apalagi selama ini, Kementerian Pertahan merupakan Kementerian yang paling besar anggarannya.

"Keputusan-keputusan yang strategis penting yang punya implikasi anggaran juga selalu dilakukan dalam konteks kabinet. Kalau perlu persetujuan DPR juga dibahasnya dengan DPR," kata dia.

Dengan demikian, maka ia menekankan tidak melihat ada suatu halangan bagi nya dan para Politisi serta Prabowo dalam koordinasi untuk menjalakan tugas negara.

"Saya enggak melihat sebagai suatu kendala, kita menganggap ini suatu dinamika baru yang diharapkan bisa meningkatkan kinerja secara lebih baik," tegasnya.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading