Yasin Limpo Mentan, 'Juragan' Baru di Kementerian Pertanian

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
23 October 2019 09:53
Mentan sebelumnya dipegang oleh politisi PKS, kini dipegang oleh Nasdem.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo memilih Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian (Mentan) Kabinet Kerja II 2019-2024. Pengumuman disampaikan di Istana Negara, Rabu (23/10/2019).

Yasin Limpo salah satu tokoh yang sempat dipanggil  Presiden Jokowi ke Istana Selasa kemarin. Yasin mengklaim punya karier birokrasi cukup panjang mulai dari lurah, camat, bupati, hingga gubernur Sulawesi Selatan dua periode.

Di samping itu, terpilihnya Yasin menjadi babak baru dalam rekam jejak kursi menteri pertanian. Posisi orang nomor satu di Kementerian Pertanian (Kementan) diserahkan kepada Partai Nasional Demokrat (NasDem), partai di mana Yasin Limpo bernaung.




Sebelumnya, Menteri Pertanian Kabinet Kerja I 2014-2019 dipegang oleh Amran Sulaiman yang berlatar pengusaha. Namun, selama dua periode pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhyonon (SBY), Menteri Pertanian merupakan jabatan yang diamanatkan kepada para politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pada periode 2004 sampai 2009 kabinet Indonesia Bersatu, Menteri Pertanian dipegang oleh Anton Apriyantono. Lalu pada kabinet Indonesia Bersatu II, Presiden SBY saat itu mempercayakan posisi Menteri Pertanian kepada Suswono.

Sekjen Partai Nasdem Jhonny Plate yang juga jadi Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan, terpilihnya kader Nasdem sebagai menteri Kabinet Kerja II merupakan bentuk dukungan dan kerja sama kepada pemerintah Jokowi-Ma'ruf.

"Kami ingin memastikan kabinet ini sukses. Kesuksesan kabinet adalah kesuksesan Presiden. Apabila ada kendala dalam pembangunan negara, itu ada di kabinet, itu akan menjadi tanggung jawab kami," kata Jhonny Plate dalam sebuah diskusi di kantor Nasdem seusai bertemu Presiden Jokowi, Selasa (22/10/2019).
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading