Jadi Menkeu Lagi, Ini Harapan Pengusaha untuk Sri Mulyani

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
22 October 2019 13:18
Sri Mulyani Indrawati mengaku dirinya kembali menduduki kursi Menteri Keuangan untuk periode 2019-2024.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sri Mulyani Indrawati mengaku dirinya kembali menduduki kursi Menteri Keuangan untuk periode 2019-2024. Hal itu disampaikan langsung sesuai menghadiri undangan panggilan Presiden Joko Widodo. Bagaimana respon pengusaha?

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, sampai saat ini seluruh pelaku pasar nasional dan internasional masih menunggu kondisi wait and see.

"Yang penting [bagi para pengusaha] adalah mereka memiliki track record yang dianggap sesuai dan kompeten dalam menjalankan fungsi pos jabatan yang dipercayakan kepada mereka di bidang ekonomi," kata Shinta kepada CNBC Indonesia, Selasa (22/10/2019).


Shinta berharap, Sri Mulyani bisa menyempurnakan kekurangan yang ada saat ini, bukan hanya fokus terhadap kelanjutan reformasi kebijakan ekonomi. Tapi juga menyempurnakan apabila masih ada kekurangan.



"Karena masalah besar kita sekarang bukan hanya pada kelanjutan reformasi kebijakan ekonomi saja. Tapi lebih banyak terjadi karena inkonsistensi pelaksanaan kebijakan reformasi ekonomi di lapangan," tuturnya.

Menurut Shinta, anggota-anggota kabinet mendatang punya tugas berat untuk melanjutkan dan mempercepat pelaksanaan reformasi ekonomi nasional agar pelaksanaannya lebih memberikan dampak yang konkrit terhadap peningkatan daya saing iklim usaha & investasi nasional.

"Jadi kami harap latar belakang mereka bisa memastikan adanya kelanjutan dan percepatan pelaksanaan reformasi kebijakan ekonomi nasional di lapangan melalui pos-pos jabatan yg dipercayakan kepada mereka," tuturnya.

Selain itu, kata Shinta, pelaku usaha sangat berharap kabinet yang akan diumumkan berisi orang-orang yang betul cakap, kompeten, profesional, dan sesuai untuk menjalankan fungsi pos jabatannya.


Sehingga, lanjut bisa, bisa meningkatkan kepercayaan pasar domestik dan internasional untuk melakukan kegiatan usaha dan investasi di Indonesia.

"Mereka juga sebaiknya bukan tipe orang yang hanya duduk di kantor, tetapi juga orang yag terjun langsung ke lapangan untuk melihat dan mengawasi pelaksanaan dari kebijakan-kebijakan yang sudah ada saat ini," ujar Shinta melanjutkan.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading