Misteri "Map Putih" yang Ditenteng Calon Menteri Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 October 2019 06:53
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memanggil satu persatu calon menteri
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memanggil satu persatu calon menteri yang akan mengisi jajaran kabinet pemerintahannnya bersama Ma'ruf Amin dalam 5 tahun ke depan.

Berdasarkan catatan CNBC Indonesia, sebanyak 11 orang yang terdiri pejabat publik, politisi, profesional, hingga kalangan pengusaha menyambangi Istana Kepresidenan karena diminta untuk menghadap Jokowi.


Mulai dari Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Pendiri Go-Jek Nadiem Makarim, Pendiri NET Mediatama Televisi Wishnutama, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto hingga Kapolri Jenderal Tito Karnavian.


Tak hanya itu, Jokowi juga menemui pengusaha Erick Thohir eks Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjroel Rahman, dan eks Staf Khusus Presiden Nico Hardjanto.

Adapun Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo menjadi sosok terakhir yang terekspos media di Istana Kepresidenan untuk bertemu dengan Jokowi.

Nama-nama yang menghadap Jokowi, memang dengan kompak menyampaikan pernyataan yang sama kepada awak media ketika disinggung perihal pencalonan menteri. Mereka hanya memberi kisi-kisi, namun tidak secara gamblang menjelaskan.

"Saya sudah dikasih tau, dan saya sudah menerima secara formal," kata Nadiem Makariem



"Bapak [Jokowi] menyampaikan saya diminta membantu beliau," kata Wishnutama.

Namun, ada hal menarik yang tertangkap pandangan mata awak media. Pasca bertemu Jokowi dan beranjak meninggalkan kompleks Istana Kepresidenan, mereka membawa sebuah map putih.

Map berkelir putih pekat itu berlogo Kementerian Sekretariat Negara. Hampir semua nama yang dipanggil Jokowi kompak menenteng pulang map yang diyakini berisi sejumlah dokumen penting yang harus diketahui calon menteri.

"Masa mau tau isi map saya," kata Wishnutama ketika dikonfirmasi perihal isi dari map tersebut.

Map putih yang ditenteng para calon menteri pun saat ini masih menjadi misteri. Yang pasti, hanya tinggal menunggu waktu nama-nama yang dipanggil Jokowi kemarin dikukuhkan sebagai anggota kabinet kerja periode kedua.

Tetapi, jika tidak ada perubahan di detik-detik akhir. Jokowi pun hari ini dikabarkan akan kembali memanggil calon menteri untuk menghadap dirinya di Istana Kepresidenan Jakarta.

[Gambas:Video CNBC]


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading