Buka Trade Expo, JK Sampaikan Pesan Perpisahan

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
16 October 2019 11:58
Buka Trade Expo, JK Sampaikan Pesan Perpisahan
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang berlangsung dari 16-20 Oktober 2019. Pada kesempatan itu, JK sempat mengucapkan pesan perpisahan di depan para pengusaha eksportir yang hadir.

"Karena saya tinggal tiga minggu lagi bekerja, saya ingin menyampaikan terima kasih atas kerja sama dan upaya bersama dalam mencapai yang baik," kata JK saat membuka Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 resmi digelar pada 16 - 20 oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang Banten, Rabu (16/10). Pada kesempatan itu juga berlangsung penghargaan kepada eksportir terbaik.




Pada pidatonya, JK menyampaikan hal-hal mendasar seperti ihwal prinsip perdagangan dunia yang menunjukkan bahwa tak ada suatu negara yang dapat memenuhi kebutuhan sendiri.

"Di sinilah kita membeli, sekalgius menjual, itulah esensi perdagangan internasional," kata JK.

JK juga berpesan, bahwa dalam perdagangan internasional tak bisa dihindari persaingan. Menurutnya persaingan hanya dapat dimenangkan dengan menghasilkan produk lebih baik dan lebih murah. "Lebih baik artinya dengan memakai teknologi yang lebih baik, lebih murah tentunya lebih efisien," kata JK.



Pada kesempatan itu, JK juga menyinggung soal perang dagang antara AS dan China. Ia sedikit menyentil, bahwa pada dasarnya perdagangan dilandaskan pada perdamaian bukan dengan cara 'perang'. JK juga berpesan kepada pengusaha terutama eksportir untuk tetap menjaga perdagangan yang keberlanjutan.

"Sebenarnya bahwa perdagangan adalah perdamaian. Perdagangan meningkatkan produktivitas, itu artinya untuk menciptakan kemakmuran. Kita harus berjuang dan berusaha untuk itu. Itulah harapan yang dicapai dalam expo kali ini," katanya. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading