Permintaan KPR Lesu, Kredit Melambat pada Kuartal III-2019

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
16 October 2019 10:57
Permintaan KPR Lesu, Kredit Melambat pada Kuartal III-2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Survei Perbankan Bank Indonesia (BI) pada kuartal III-2019 mengindikasikan pertumbuhan kredit baru mengalami perlambatan pertumbuhan. Namun pada kuartal IV-2019, kredit diperkirakan kembali meningkat.

Perlambatan pertumbuhan kredit baru tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada kuartal III-2019 yang lebih rendah dari kuartal sebelumnya sebesar 68,3% dari 78,3%.

BI : Kredit Baru Tumbuh Melambat di Kuartal IIISumber : Bank Indonesia

Perlambatan tersebut diakibatkan oleh melambatnya permintaan kredit baru jenis investasi dan konsumsi yang tercermin dari penurunan SBT. Kredit investasi turun dari 77,3% menjadi 63,2% pada kuartal III-2019, sementara kredit konsumsi turun menjadi 45,9% dari 54,3%.


BI : Kredit Baru Tumbuh Melambat di Kuartal IIISumber : Bank Indonesia

Melambatnya pertumbuhan kredit konsumsi diakibatkan oleh melambatnya pertumbuhan kredit kepemilikan rumah/apartemen dan kredit multiguna. Sementara itu, pertumbuhan kredit modal kerja secara kuartalan meningkat, terindikasi dari kenaikan SBT menjadi 65,8% dari 61,0% pada kuartal sebelumnya.

BI : Kredit Baru Tumbuh Melambat di Kuartal IIISumber : Bank Indonesia

Pada kuartal IV-2019, pertumbuhan kredit baru diperkirakan meningkat didorong oleh optimisme terhadap kondisi moneter dan ekonomi yang menguat dan didukung risiko penyaluran kredit yang relatif terjaga.

Sejalan dengan perkiraan meningkatnya pertumbuhan kredit baru, kebijakan penyaluran kredit pada kuartal IV-2019, diperkirakan lebih longgar dengan Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 11,8% sedikit lebih rendah dari kuartal sebelumnya sebesar 12%.

Pelonggaran standar penyaluran kredit terutama dilakukan terhadap kredit kepemilikan rumah/apartemen, kredit investasi dan kredit UMKM. Kebijakan penyaluran kredit yang akan diperlonggar diantaranya meliputi plafon kredit, suku bunga dan agunan.

Secara keseluruhan, hasil survei mengindikasikan perlambatan pertumbuhan kredit untuk keseluruhan tahun 2019. Kredit diperkirakan tumbuh 9,7% secara year on year (YoY) atau lebih rendah dibanding dengan perkiraan kuartal sebelumnya maupun dengan dengan realisasi tahun sebelumnya.  


TIM RISET CNBC INDONESIA


(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading