58 Orang Tewas Karena Topan Hagibis di Jepang

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
15 October 2019 06:07
Korban jiwa akibat Topan Hagibis yang melanda Jepang semakin bertambah
Jakarta, CNBC Indonesia- Korban jiwa akibat Topan Hagibis yang melanda Jepang semakin bertambah. Setidaknya dari data pemerintah sudah ada 58 orang meninggal akibat badai disertai hujan yang terus berlangsung dan menghancurkan sejumlah wilayah.

Sejak sampai di Jepang pada Sabtu malam, Topan Hagibis menyerang 36 dari 47 perfektur di negara itu. Tanah longsor dan bencana banjir terjadi.

Selain korban tewas, 15 orang juga dilaporkan hilang. Pemerintah Jepang hingga kini terus memperbarui data korban.




"Sekarang, banyak orang masih belum ditemukan di daerah yang dilanda bencana," kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada pertemuan darurat, dikutip AFP, Senin (14/10/2019).

"Tiap unit mencoba yang terbaik untuk mencari dan menyelamatkan mereka, bekerja siang dan malam," kata Abe.

58 Orang Tewas Karena Topan Hagibis di JepanFoto: (Kyodo News via AP)


Ia pun berjanji untuk melakukan apa pun yang bisa dilakukan negara bagi para korban dan orang yang selamat. Bahkan memerintahkan kementerian pertahanan untuk memanggil 1.000 pasukan cadangan untuk bergabung dengan 31.000 pasukan aktif dalam operasi pencarian.

Meski demikian pekerjaan penyelamatan yang berlangsung beresiko terhambat karena turunnya hujan tambahan di Jepang tengah dan timur. Para pejabat memperingatkan ini dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor baru.

Korban tewas terus meningkat hingga Senin malam. Di pusat Nagano, tanggul yang menembus air dari sungai Chikuma mengalir ke lingkungan perumahan, membanjiri rumah-rumah sampai ke lantai dua.

Rekaman televisi dari daerah tersebut menunjukkan pasien dipindahkan dengan ambulans dari rumah sakit Nagano di mana sekitar 200 orang terblokir aksesnya karena banjir.

Di tempat lain, tim penyelamat menggunakan helikopter untuk mengangkut korban yang selamat dari atap dan balkon. Termasuk mengemudikan kapal melalui perairan berlumpur untuk menjangkau mereka yang terjebak.







(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading