Internasional

Survey Terbaru, Makin Banyak Warga AS Ingin Trump Lengser

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 October 2019 13:14
Jumlah pendukung Partai Republik yang ingin Trump lengser naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Isu mengenai pemakzulan (impeachment) Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus menjadi berita hangat untuk diperbincangkan. Apalagi di kalangan rakyat dan pejabat pemerintahan AS.

Hal ini terbukti dari hasil jajak pendapat Monmouth University pekan lalu. Di mana ada perubahan suara signifikan dalam jumlah orang yang mendukung Trump untuk dilengserkan.

Berdasarkan hasil jajak pendapat di Partai Republik yang mendukung Trump, jumlah orang yang mendukung dilakukannya penyelidikan terhadap Trump naik dua kali lipat.



Survei membuktikan 16% warga mendukung Trump dicopot di September, naik dari sebelumnya 8% pada bulan Agustus.

Sementara itu, jajak pendapat CBS News di Partai republik juga menyebut 23% anggota partai mendukung impeachment.

Dalam survei USA Today, 30% anggota Partai Republik malah menyebut tindakan Trump sebagai bentuk penyalahgunaan kekuasaan.



Sebelumnya, Ketua Parlemen AS Nancy Pelosy mengumumkan mulainya proses pemakzulan Trump pada pertengahan September. Trump diketahui meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menyelidiki saingan politiknya, Joe Biden dari Partai Demokrat terkait skandal anaknya Hunter.

Mantan ahli strategi Partai Republik Tom Davis meminta Trump menanggapi keadaan ini dengan serius survei ini. Sebab hal ini menyangkut opini rakyat Amerika.

"Jika Anda adalah presiden, Anda harus menanggapinya dengan serius," katanya dikutip dari CNBC International, Selasa (8/10/2019). "Yang menggerakkan ini (pemakzulan) pada akhirnya adalah opini publik,".

Lebih lanjut, dukungan untuk impeachment bagi Trump, yang bukan hanya penyelidikan, malah mencapai 50% dalam jajak pendapat Economist/ YouGov minggu lalu.

Sebanyak 51% mayoritas, termasuk satu orang dari delapan anggota Partai Republik, mengatakan Senat harus mengeluarkan Trump jika DPR memberikan suara untuk memakzulkannya.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading