Banjir Sepatu Impor Vietnam: 'Berbaju' Nike, Adidas & Reebok

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
03 October 2019 13:50
Banjir Sepatu Impor Vietnam: 'Berbaju' Nike, Adidas & Reebok
Jakarta, CNBC Indonesia - Sepatu-sepatu impor asal Vietnam marak beredar di toko offline dan online. Produk impor berlabel made in Vietnam itu dijual dengan harga sangat miring antara Rp 100-150 ribu dengan ragam merek terkenal macam Nike, Adidas, Fila, Reebok, New Balance, Converse, dan lainnya.

Ketua Dewan Pembina Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Harijanto memastikan produk-produk itu adalah produk KW 1 yang memang belakangan marak masuk pasar Indonesia.




"Masuk ke Indonesia baru, tapi si Vietnam sudah lama KW 1 persis, kalau sepintas sama," kata Harijanto kepada CNBC Indonesia, Kamis (3/10).

Harijanto mengatakan persoalan sepatu impor Vietnam tak hanya persoalan merajalela di pasar domestik, tapi juga soal paten merek. Ia bilang akan ada tindakan dari para pemegang lisensi dari sepatu bermerek tersebut di Indonesia.

"Itu pemalsuan yang ilegal yang nantinya akan ditindaklanjuti pemilik merek," kata Harijanto.



Ia menjelaskan mengapa sepatu-sepatu impor KW asal Vietnam bisa masuk Indonesia dan sukses melakukan penetrasi pasar secara online dan offline di Indonesia. Penyebabnya, karena harganya lebih murah dan kemiripan dari produk asli, dibandingkan kualitas produk KW lokal yang dibuat di Indonesia.

Banjir Sepatu Impor Vietnam: 'Berbaju' Nike, Reebok, New BalaFoto: Sepatu Nike (CNBC Indonesia)


"Iya memang harganya murah. Dari luar kelihatan sama, tapi bahannya berbeda. Di Vietnam bisa dibeli banyak di sana, pasarnya bebas," katanya.



Serbuan sepatu impor Vietnam seolah mengulang yang pernah terjadi pada sepatu impor asal China yang sempat marak beberapa tahun lalu di Indonesia. Ia bilang kapasitas produksi industri sepatu Vietnam lebih besar bisa empat kai lipat dari Indonesia.

Catatan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 2018, industri alas kaki di Indonesia mencatatkan jumlah produksi mencapai 1,41 miliar pasang sepatu.

"Di mana industrinya besar pasti ada KW nya. China dulu 10-15 tahun juga sama," katanya.

Banjir Sepatu Impor Vietnam: 'Berbaju' Nike, Reebok, New BalaFoto: Penjual Sepatu KW Kaki Lima (CNBC Indonesia/ Trisusilo)
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading