Media Asing Masih Soroti Seks Sebagai Tuntutan Demo Mahasiswa

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
01 October 2019 16:48
Demo mahasiswa bukan hanya sekedar seks
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah media asing turut memberitakan soal demo mahasiswa yang terjadi di Jakarta beberapa hari terakhir. Namun, meski ada banyak tuntutan yang diminta mahasiswa, seks di luar nikah menjadi fokus banyak media.

The New York Post misalnya, media AS ini membuat tulisan yang berjudul "Ratusan orang Indonesia memprotes UU yang membatasi hak-hak dan seks sebelum menikah". Sementara BBC, media asal Inggris menulis judul "Gas air mata meletus seiring protes larangan sex berlanjut di AS".

Hal yang sama juga dilakukan Bangkok Post. Media ini menulis judul "Protes di Indonesia terus terjadi meski UU larangan seks ditunda".



Meski demikian sebenarnya tuntutan mahasiswa lebih dari itu. Ada tujuh desakan mahasiswa dalam gerakan yang mereka beri hastag #reformasidikorupsi dan #rakyatbergerak itu.

Media Asing Masih Soroti Seks Sebagai Tuntutan Demo MahasiswaFoto: Reformasidikorupsi 7 Desakan


Yakni mendesak pembatalan RKUHP, RUU Pertambangan Minerba, RUU Pertanahan, RUU Permasyarakatan, RUU Ketenagakerjaan. Mendesak pembatalan UU KPK dan UU SDA, RUU PKS dan RUU perlindungan Pekerja Rumah Tangga.


Tuntutan mahasiswa juga meminta pembatalan pemimpin KPK bermasalah pilihan DPR. Mereka juga menolak TNI dan Polri menempati jabatan sipil.

Lalu mahasiswa meminta stop militerisme di Papua dan bebaskan tahanan politik Papua. Termasuk hentikan kriminalisasi aktivis, hentikan pembakaran hutan oleh korporasi di Kalimantan dan Sumatera.

Selain itu, mahasiswa meminta tuntaskan pelanggaran HAM dan adili penjahat HAM. Di mana di dalamnya ada pula orang-orang dalam lingkaran kekuasaan.



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading