Walau Naik, Tapi Daya Saing Digital RI Terbuncit di ASEAN!

News - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
27 September 2019 16:16
Indonesia memang mengalami peningkatan daya saing digital. Tapi...
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia memang mengalami peningkatan daya saing digital. Namun jangan puas dulu karena sebenarnya Indonesia masih tertinggal dari negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Kemarin (26/9/2019), lembaga riset global IMD merilis ranking daya saing digital dari 63 negara di dunia ini. Mengutip hasil tersebut Indonesia tahun ini berhasil naik 6 peringkat ke ranking 56. Tentu itu adalah salah satu prestasi yang patut diapresiasi.

Namun jangan langsung puas! Dari 63 negara yang disurvei ada 14 negara Asia Pasifik yang menjadi objek studi. Indonesia masuk dalam salah satunya. Dari 14 negara Asia Pasifik tersebut ternyata Indonesia juga masih nangkring di peringkat bontot. Indonesia tahun ini ada di posisi ke 13 kalah jauh dengan Malaysia dan Thailand dari segi peringkat maupun skor.


Daya Saing Digital RI Masih Kalah Dengan Negara ASEAN LainSumber : World Digital Competitiveness Ranking, IMD


Bahkan Indonesia juga berada satu peringkat lebih rendah dari Filiphina. Indonesia merupakan satu dari lima negara Asia Tenggara yang menjadi objek studi dalam riset ini dan menjadi negara ASEAN yang terendah dari segi daya saing digital. Satu peringkat di bawah Indonesia ada Mongolia.

Apabila ditelisik lebih lanjut, Indonesia hanya unggul dari Filiphina di bidang teknologi. Untuk aspek lainnya seperti pengetahuan dan kesiapan, Indonesia menduduki peringkat terbawah dibanding 4 negara ASEAN lainnya.



Masih rendahnya peringkat Indonesia terutama untuk pengetahuan dan kesiapan tentu menjadi hal yang memprihatinkan. Padahal dua hal tersebut adalah faktor fundamental untuk memasuki era baru revolusi industri 4.0. Indonesia perlu berkaca dari negara-negara tetangga. Tidak hanya berkaca saja tapi juga perlu belajar.

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)
Keunggulan Negara-Negara ASEAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading