Demi Pemerataan, BBM Satu Harga Diluncurkan di 6 Wilayah

News - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 September 2019 16:12
Pemerintah akan meresmikan 6 titik baru program BBM Satu Harga di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan meresmikan 6 titik baru program BBM Satu Harga di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). Salah satu wilayah yang akan diresmikan adalah adalah Morotai, Halmahera, Maluku Utara.

"Kebetulan besok mau ada peresmian SPBU BBM satu harga, salah satunya di Morotai (Halmahera, Maluku)," kata SVP Retail Marketing Business PT Pertamina Jumali di Marine Heritage Museum, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Program BBM satu harga memang menyasar wilayah 3T. Di mana dalam waktu dekat akan ada enam wilayah terluar yang akan memiliki SPBU dengan harga sama seperti di Jakarta dan kota lainnya.
"Titik terdepan, ada enam salah satunya di Morotai. Sebagai bentuk mendekatkan titik layanan kepada masyarkat," jelasnya.
Sebelumnya, Kepala BPH Migas, Fanshurullah Asa mengatakan sejak 17 Oktober 2016 hingga saat ini, BPH Migas telah memastikan 165 titik daerah terdepan terluar dan tertinggal alias 3T telah mendapatkan BBM dengan harga yang sama seperti Ibu Kota DKI Jakarta.

"Pelaksanaan BBM Satu Harga ini sudah menjangkau kurang lebih 571.991 kepala keluarga yang berada di 164 kecamatan di Indonesia," ujar Ifan, panggilan akrab Fanshurullah.



Kebijakan BBM satu harga merupakan upaya pemerintah mengurangi kesenjangan di seluruh wilayah Indonesia. Hingga akhir September 2019 diproyeksikan ada 170 titik BBM satu harga di seluruh Indonesia.
Kesuksesan BBM Satu Harga yang dijalankan BPH Migas juga ditandai dengan tersisanya 5 titik lagi, dari target 170 titik BBM Satu Harga bisa tercapai. Selain itu, BPH Migas akan semakin menggenjot program BBM satu harga dalam lima tahun ke depan, sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading