Sri Mulyani Cerita Dahsyatnya Twitter Donald Trump, Simak!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
12 September 2019 14:48
Sri Mulyani Cerita Dahsyatnya Twitter Donald Trump, Simak! Foto: Sri Mulyani (KLI)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan tantangan ekonomi yang terjadi saat ini sangat tidak mudah. Banyak ketidakpastian muncul dari eksternal. Termasuk dari Donald Trump, sang Presiden AS.

"Tantangan tidak mudah, ketidakpastian, banyak resesi. Policy negara jadi advance. Setiap Twitter Donald Trump mempengaruhi ekspektasi dan ekonomi," jelas Sri Mulyani di Djakarta Theater, Kamis (12/9/2019).

Menurut Sri Mulyani, selain Trump yang memang suka mengumbar kebijakan melalui media sosialnya, arah kebijakan The Fed atau Bank Sentral AS juga menjadi faktor utama ketidakpastian.


"Kita bicara interest rate The Fed. Itu pasti mempengaruhi sekitarnya dan dunia. AS-China, ekonomi terbesar nomor 1 dan 2 kalau tidak harmonis, akan berdampak ke negara-negara lain," terang Sri Mulyani.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump sangat suka bermain Twitter. Bahkan, sejak Trump mendeklarasikan diri melaju sebagai calon presiden AS 2015 lalu, cuitannya di aplikasi tersebut tercatat mencapai 17.000 kali. 



Dengan akun @realDonaldTrump cuitan beliau bahkan kerap menjadi pernyataan resmi pemerintahan. Twitter Trump pun memiliki 64 juta pengikut.

Baru-baru ini J.P. Morgan membuat sebuah indeks untuk menelusuri dan mengelompokkan sejauh mana dampak cuitan Trump pada pasar keuangan dan suku bunga.


Lembaga ini membuat "Volfefe Indeks" alias "Komunikasi Atas Berbagai Umpan Secara Elektronik untuk Akta Keterlibatan (Cofveve)" yang kerap Trump lakukan melalui twitter dan melihat hasilnya ke pasar keuangan AS.




(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading