Lepas Habibie, Jokowi: Selamat Jalan 'Mr Crack', Sang Pionir

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 September 2019 14:36
Lepas Habibie, Jokowi: Selamat Jalan 'Mr Crack', Sang Pionir
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara dalam prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan seluruh rakyat Indonesia berkabung.

Jokowi menyebut BJ Habibie merupakan seorang negarawan sejati, inspirator, dan ilmuwan yang meyakini tanpa sebuah cinta, kecerdasan itu berbahaya.

"Ilmu, iman dan taqwa harus bersatu. Dia adalah suari tauladan anak bangsa. Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya," ungkap Jokowi di TMP Kalibata, Kamis (12/9/2019).


Jokowi: Selamat Jalan 'Mr Crack', Sang PionirFoto: Jokowi di Pemakaman Bj Habibie (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Jokowi juga bercerita, industri strategis lahir di tangan dingin Habibie. Sampai pesawat Gatot Kaca berhasil mengudara pada 50 tahun kemerdekaan Indonesia.

"Ini sejarah yang tertanam, menginspirasi kita untuk percaya diri, untuk menjadikan Indonesia berdiri sejajar dengan negara besar di dunia."

Di akhir sambutannya, Jokowi melepas Habibie dengan menyebutnya sebagai Mr Crack. Mr Crack merupakan julukan Habibie, sang penemu teori keretakan pesawat yang melegenda.

"Selamat jalan, Mr Crack. Selamat jalan sang pionir, kami akan selalu ingat pesanmu. Jangan terlalu banyak diskusi, jangan cengeng, tapi terjunkan ke proses nilai tambah secara konsisten. Pasti Indonesia akan terkemuka di Asia Tenggara dan dunia," tutup Jokowi.







(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading