Bumi Resources Raih Piala Grand Gold di ISDA 2019

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
11 September 2019 18:31
Bumi Resources Raih Piala Grand Gold di ISDA 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui anak usahanya Kaltim Prima Coal (KPC) menyabet Piala Grand Gold sebagai tiga perusahaan terbaik di Indonesia SGD's Awaard (ISDA) 2019. KPC juga menerima 10 penghargaan platinum dan gold dalam ajang ini.

Dari 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's), KPC meraih 10 tujuan SDG's. Adapun penghargaan platinum yang diterima oleh KPC adalah SDG's tentang kesehatan yang baik dan kesejahteraan, berupa penanggulangan anak balita kurang gizi dan gizi buruk, dan SDG's nomor 6 tentang air bersih dan sanitasi, berupa pemanfaatan kolam tambang sebagai sumber air baku PDAM Kudungga di Kutai Timur.


Presiden Direktur BUMI Saptari Hoedaja mengatakan BUMI berkomitmen kuat untuk mendukung terlaksananya 17 tujuan program yang sudah dicanangkan oleh PBB mengenai SDG's di Indonesia. Sebagai emiten batu bara terbesar di Indonesia ini juga memberikan kontribusi tertinggi pada kas negara.


"BUMI juga menerima berbagai penghargaan bergengsi atas pembayaran royalti tertinggi di antara wajib pajak terbesar dan penyumbang devisa ekspor terbesar di tanah air. Perseroan juga diakui sebagai perusahaan dengan standar kelas dunia dalam hal Tata Kelola, CSR, Keselamatan, Kesehatan dan Lingkungan, Polusi dan Keberlanjutan," kata Saptari, Rabu (11/09/2019).

Baru-baru ini BUMI juga memenangkan penghargaan sebagai Perusahaan Bisnis Penambangan Terbaik di Indonesia yang mengacu pada UNGP (United Nations Guiding Principles).

Penghargaan dari tujuah SDG's lain yang didapatkan oleh KPC adalah yakni nomor 2 tentang mengakhiri kelaparan, berupa usaha peternakan ayam petelur meraih penghargaan, kemudian program perubahan perilaku dan peningkatan status gizi dan kesehatan ibu hamil meraih penghargaan, dan program pencegahan HIV/AIDS di lingkungan KPC.

Kontribusi SDG's yang turut dimenangkan oleh KPC juga meliputi SDG's nomor 4 tentang pendidikan berkualitas berupa program pembangunan sekolah berbasis budaya di SDN 013 Desa Keraitan, Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan.

Selain itu, KPC juga berhasil meraih penghargaan pada SDG's nomor 8 tentang pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan yang layak berupa produk olahan singkong gajah, pemberdayaan UMK menjadi tangguh dan mandiri.

Kemudian SDG's Nomor 11 tentang keberlanjutan kota dan komunitas berupa pengembangan batik motif lokal Wakaroros dan Paku. Tidak ketinggakan SDG's Nomor 15 tentang menjaga ekosistem darat berupa ekowisata Mulyasari Park di kawasan Taman Nasional Kutai.

"Dengan keberhasilan mendapatkan 10 penghargaan tersebut, KPC menerima Piala Grand Gold sebagai tiga perusahaan terbaik secara keseluruhan," kata Saptari.


ISDA 2019 diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

CFCD merupakan asosiasi yang menaungi berbagai perusahaan yang aktif memberdayakan masyarakat melalui dana CSR-nya, pada malam anugerah ini mengumumkan sebanyak 66 perusahaan yang berhak memperoleh penghargaan baik untuk kategori platinum, gold maupun silver.

Bumi Resources Raih Piala Grand Gold di ISDA 2019Foto: ISDA, BUMI



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading