Lagi, Malaysia & Negara Ini Terimbas Kebakaran Parah Hutan RI

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
10 September 2019 16:29
Kebakaran hutan RI ganggu Malaysia, Singapura, dan negara lain

Jakarta, CNBC Indonesia - Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Riau dan Jambi di Sumatera dan beberapa titik di Kalimantan dalam beberapa pekan terakhir telah menganggu Malaysia.

Bahkan, karena udara yang dihirup tidak sehat, negeri jiran ini membagikan setengah juta masker wajah pada warga Sarawak, negara bagianĀ Malaysia yang dekat Kalimantan Barat.

"Sebanyak 500.000 masker pun telah dikirim ke wilayah itu setelah indeks polusi udara mencapai tingkat yang tidak sehat pada hari Selasa (10/9/2019)," kata Badan Penanggulangan Bencana Nasional Malaysia (NADMA), mengutip Reuters.

Lagi, Malaysia & Negara Ini Terkena Imbas Kebakaran Hutan RIFoto: Asap pekat di Riau (Foto: Chaidir/detikcom)


Departemen pendidikan negara juga mengatakan telah menutup lebih dari 409 sekolah. Penutupan dilakukan guna meminimalisir dampak buruk asap pada para pelajar.

Selain Malaysia, Singapura juga turut terkena imbas kebakaran hutan RI. Negara ini mengatakan kondisi udaranya bisa mencapai tingkat tidak sehat dalam 24 jam ke depan jika angin terus menghembuskan asap kebakaran hutan dari Indonesia.

Singapura juga telah menghimbau warganya untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila merasa mengalami gangguan akibat asap. Terutama untuk kelompok rentan seperti anak-anak, orang tua dan penderita penyakit jantung dan paru.



"Mengingat perkiraan kualitas udara untuk 24 jam ke depan, orang sehat harus mengurangi aktivitas fisik luar yang berkepanjangan atau berat," kata Badan Lingkungan Nasional Singapura.

Negara-negara tetangga Indonesia, termasuk Filipina, Papua Nugini, Vietnam, Timor Leste dan Thailand, dilaporkan juga mengeluh tentang kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan.

Masalah kebakaran hutan memang sering kali terjadi di Indonesia akibat maraknya pembalakan liar yang disebabkan oleh para petani yang mencoba membuka lahan untuk perkebunan kelapa sawit dan kertas.

Akibat kebakaran ini, pemerintah Indonesia telah mengirim ribuan tentara dan polisi untuk memadamkan api di lokasi kebakaran.

[Gambas:Video CNBC]


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading