Siap-Siap! Desember 2019 RI Tak Ekspor Nikel Lagi

News - Redaksi, CNBC Indonesia
31 August 2019 10:49
Siap-Siap! Desember 2019 RI Tak Ekspor Nikel Lagi
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memastikan untuk mempercepat larangan ekspor bijih nikel kadar rendah, yakni di bawah 1,7%. Nantinya bijih nikel kadar rendah sudah tidak diperkenankan lagi diekspor mulai akhir Desember 2019.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan diketahui telah menandatangani Peraturan Menteri yang terkait dengan percepatan pelarangan ekspor ini.

Kabar tersebut pun dibenarkan oleh Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Yunus Saefulhak.


"Benar (dipercepat larangannya mulai akhir 2019)," kata Yunus kepada CNBC Indonesia saat dihubungi Jumat (30/8/2019).

Siap-Siap! Desember 2019 Sudah Tak Bisa Lagi Ekspor NikelFoto: Infografis/Larangan Ekspor Biji Nikel/Edward Ricardo


Namun, Yunus enggan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Ia hanya mengatakan, penjelasannya akan disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono dalam waktu dekat.

Sebelumnya, pemerintah berencana untuk mempercepat pelarangan ekspor bijih nikel, yang semestinya berlaku pada 2022 mendatang.

Dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pelarangan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan ekspor produk nikel melalui pengolahan raw material sehingga dapat menghasilkan produk ekspor yang memiliki nilai tambah, dan pada akhirnya mampu mengurangi defisit transaksi berjalan.







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading