Internasional

Jackson Hole Jadi Sinyal Resesi Dunia, Kok Bisa?

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
23 August 2019 11:59
Jackson Hole Jadi Sinyal Resesi Dunia, Kok Bisa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Para pemimpin di sektor keuangan Amerika Serikat (AS) akan mengadakan annual meeting atau pertemuan tahunan yang bertajuk the 2019 Economic Symposium di Jackson Hole, Wyoming (AS).

Pertemuan yang diadakan pekan ini dihadiri oleh ratusan pejabat dari Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) dan juga pemangku kepentingan lainnya, termasuk Presiden AS Donald Trump.

Dalam pertemuan ini juga, Gubernur The Fed Jerome Powell dipastikan akan berpidato. Terakhir kali ia melakukan pidato adalah pada akhir Juli di pertemuan The Federal Open Market Committee (FOMC), saat mengumumkan pemangkasan suku bunga pertama sejak era resesi hebat.


Mengutip laporan Business Insider, berikut beberapa hal-hal penting yang perlu diketahui dari pertemuan penting ini.

Dihadiri orang-orang penting

Simposium ini dihadiri sekitar 120 peserta setiap tahunnya, menurut Fed Kansas City. Para peserta termasuk bankir bank sentral, anggota sistem, ekonom, organisasi keuangan, akademisi, perwakilan pemerintah AS, dan anggota pers.

Meski terdengar seperti pertemuan besar, namun Fed Kansas City mengatakan jumlah peserta itu sudah dibatasi. Tujuannya adalah untuk memungkinkan diskusi terbuka yang sangat penting bagi keberhasilan symposium untuk dilakukan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pertemuan ini akan berfokus pada pidato Gubernur The Fed, yang tahun ini dijabat oleh Jerome Powell. Anggota lain dari FOMC juga akan hadir, termasuk Esther George, Presiden Fed Kota Kansas. Ia merupakan salah satu orang yang menentang penurunan suku bunga dilakukan.

Eric Rosengren, Presiden Federal Reserve Bank of Boston yang juga menentang penurunan suku bunga, juga akan ada di sana. John Williams dari Fed New York, Charles Evans dari Chicago, Patrick Harker dari Philadelphia, Robert Kaplan dari Dallas, Neel Kashkari dari Minneapolis, dan Loretta Mester dari Cleveland juga turut hadir.

Selain itu, akan ada Anggota Dewan Gubernur Michelle Bowman, Lael Brainard, Richard Clarida, dan Randal Quarles.

Apa acara yang diselenggarakan?

Simposium Ekonomi 2019 atau 2019 Economic Simposium. Fed wilayah Kansas City telah menyelenggarakan simposium ini di Jackson Hole, Wyoming, setiap tahun sejak 1978. Ini merupakan pertemuan yang ke-40. Tahun ini, simposium itu bertemakan "Tantangan untuk Kebijakan Moneter".

"Acara ini dikenal sebagai salah satu konferensi bank sentral yang paling lama berdiri, menyatukan para ekonom, peserta pasar keuangan, akademisi, perwakilan pemerintah AS, dan media berita untuk membahas masalah kebijakan kunci jangka panjang utama yang menjadi perhatian bersama," tulis Fed Kansas City dalam siaran persnya.

Kapan acara ini dilaksanakan?

Simposium ini dimulai pada hari Kamis hingga Sabtu (22-24 Agustus). Gubernur The Fed Jerome Powell akan berbicara pada hari Jumat (23/8/19).

Pertemuan ini dilaksanakan di antara pertemuan FOMC pada bulan Juli dan pertemuan FOMC yang akan datang di bulan September. Pertemuan ini juga diadakan setelah risalah dari pertemuan FOMC untuk Juli dan Agustus diumumkan, yaitu pada Rabu lalu.

Dimana simposium ini diadakan?

Sejak tahun 1982, acara simposium ini selalu diadakan di Jackson Hole, Wyoming. Sebelumnya, kegiatan ini diadakan di Tenth Federal Reserve District. Acara akan dilangsungkan di Jackson Lake Lodge, yang merupakan fasilitas Layanan Taman Nasional.

"Jackson Lake Lodge tidak memiliki fasilitas mewah seperti spa, ruang olahraga atau salon," tulis Fed Kansas City dalam siaran pers. Bank juga menyebut resort itu tetap terbuka untuk umum meski sedang diadakan acara simposium di sana.

Mengapa pertemuan sangat penting tahun ini?

Tahun ini, simposium telah mendapatkan lebih banyak perhatian karena situasi ekonomi saat ini di AS dan luar negeri sedang bergejolak. Investor dan pemangku kepentingan lainnya sedang mengawasi sinyal dari Jerome Powell tentang apa yang akan terjadi pada pertemuan The Fed September.

Pasar obligasi AS danĀ  saham sebagian besar memproyeksikan bahwa akan ada penurunan suku bunga lagi. Tetapi berapa banyak pemotongan dan apakah benar akan ada lebih banyak pelonggaran suku bunga, hal itulah yang menjadi perdebatan.

Powell telah banyak menuai kritik dari Trump karena presiden kontroversial itu menganggap Powell gagal dan terlalu lambat dalam mengambil keputusan untuk menurunkan suku bunga sebanyak dan secepat yang Trump mau. Trump telah menyerang Powell melalui postingan Twitter berulang-ulang kali, dan diperkirakan akan melakukannya lagi setelah pertemuan di Jackson Hole.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading