Stadion Anies Selevel 'Old Trafford' Bakal Tersambung LRT

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
21 August 2019 15:47
Stadion Anies Selevel 'Old Trafford' Bakal Tersambung LRT
Jakarta, CNBC Indonesia - Jakarta International Stadium (JIS) akan terhubung dengan layanan transportasi Lintas Rel Terpadu (LRT). Hal itu dilakukan untuk mencegah kemungkinan menumpuknya orang di stadion.

Direktur Proyek JIS Iwan Takwin memperikirakan akan ada pergerakan 100.000 orang di sekitar JIS. Kapasitas stadion diproyeksikan mencapai 80.000 orang. Karena itu, ketersedian transportasi publik di sekitat JIS memang sudah menjadi keharusan untuk dipenuhi.

Iwan menjelaskan FIFA mempunyai aturan yang mengatur keberadaan penonton sehabis menyaksikan pertandingan di stadion internasional.


"Itu (LRT) salah satu fasilitas publik, mobilisasi masyarakat kurang lebih 100.000. Ini menjadi suatu keharusan sesuai dengan studi-studi kita, ada transportasi massa. FIFA juga mensyaratkan bahwa penonton meninggalkan area stadion maskimal 30 menit," katanya dalam jumpa media bertajuk "Babak Konstruksi Stadion Kita: Jakarta International Stadium (JIS)" di Kedai Sirih Merah, Kampung Bali, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).



Lebih lanjut dijelaskannya, mobilisasi di JIS diupayakan untuk menghindari adanya titik kumpul. "LRT bisa memfasilitasi mobilisasinya," ucap Iwan.

Dia pun berharap pengoperasian LRT dapat menyesuaikan dengan selesainya pembangunan JIS pada 2021 mendatang. Namun, ia tidak membeberkan perkembangan terbaru pembangunan LRT.

"Nanti di forum lain," kata Iwan.

Dikutip dari detikcom, Selasa (23/8/2019), rute fase II LRT akan mencakup jalur dari Kelapa Gading menuju kawasan JIS di daerah Tanjung Priok, Jakarta Utara. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sudah mulai melakukan soil testing di kawasan Sunter, Jakarta Utara, sebagai awal pengerjaan fase dua LRT Jakarta.
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading