Menebak (Lagi) Menteri Jokowi Berumur 25 Tahun, Siapa?

News - Redaksi, CNBC Indonesia
18 August 2019 20:31
Menebak (Lagi) Menteri Jokowi Berumur 25 Tahun, Siapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan akan ada menteri yang berumur 25 tahun dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf. Hal itu disampaikan Jokowi dalam wawancara khusus dengan CNN Indonesia TV di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (15/8/2019), yang dipublikasikan Sabtu (17/8/2019). 

"Bisa, bisa, nanti dilihat saja," ujar Jokowi.

Sehari sebelum wawancara itu, Jokowi telah membeberkan akan ada menteri yang berumur 25 tahun dalam kabinet tersebut. Demikian disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media massa nasional di tempat yang sama sehari sebelumnya.

Menurut Jokowi, sosok itu bukan hanya muda dari sisi usia semata. Ia juga memiliki kemampuan dan rekam jejak yang jelas. Sang menteri juga mampu mengeksekusi program sekaligus mencari jalan keluar dari masalah-masalah yang harus segera diselesaikan. Kendati demikian, eks Wali Kota Solo itu masih menutup rapat ihwal sosok yang dimaksud.


CNBC Indonesia pernah menuliskan sejumlah kandidat yang berusia muda yang dinilai sejumlah kalangan pantas menghuni Kabinet Jokowi-Ma'ruf. Mereka mewakili generasi milenial yang berprestasi dari berbagai bidang. Berikut di antaranya:

Andhika Hazrumy
Andhika merupakan wakil gubernur Banten periode 2017-2022. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, 16 Desember 1985 (33 tahun). Andhika dibesarkan di keluarga pengusaha dan pejabat publik. Tak ada yang kenal dengan ibunya, Ratu Atut Chosiyah, yang lama menjadi gubernur Banten.

Ia pun memiliki pengalaman di parlemen, tepatnya periode 2014-2019. Andhika terpilih sebagai anggota DPR dari Daerah Pemilihan Banten I dan kemudian duduk di Komisi III-DPR. Per 24 Oktober 2016, dia mundur dari posisi anggota DPR untuk maju sebagai cawagub dalam Pilkada Banten 2017.

Belva Devara
Belva merupakan CEO Ruangguru. Saat ini usianya 28 tahun. Ruangguru yang didirikan Belva bersama Iman Usman adalah sebuah perusahaan penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi di Indonesia. Pemilik nama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini merupakan lulusan Harvard University.

Dalam suatu kesempatan, Belva bahkan pernah menghadiri rapat kabinet yang dipimpin oleh Jokowi.

"Kami sangat tersanjung dengan undangan Presiden Jokowi hari ini, di dalam rapat tersebut kami memaparkan bagaimana Ruangguru bisa mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan dan memajukan pendidikan vokasi dengan teknologi," ujar Belva.



Nadiem Makarim
Rasanya tak ada yang tidak mengenal sosok Nadiem Makarim. Ia adalah pendiri Gojek, perusahaan aplikasi penyedia berbagai layanan seperti transportasi roda dua dan roda empat. Ia lahir di Singapura, 4 Juli 1984 (35 tahun).

Beberapa waktu lalu, Nadiem sempat ditanya perihal kans dirinya menjadi menteri. 

"Mohon maaf saya enggak ada komentar," ujarnya di acara pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 di ICE BSD, Kamis (18/7/2019).

Tsamara Amany
Tsamara dinilai sebagai salah satu politikus muda yang begitu populer saat ini. Tidak hanya di dunia maya, di dunia nyata Tsamara begitu dikenal di kalangan milenial.

Ia lahir di Jakarta, 24 Juni 1996. Tsamara merupakan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Semasa Pilpres 2019, ia menjadi salah satu juru bicara calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading