Upacara 17 Agustus di Freeport, Ternyata Ini Alasan Jonan

News - Suhendra, CNBC Indonesia
17 August 2019 16:25
Jonan Sengaja Rayakan Divestasi 51% Saham di Freeport.
Tembagapura, CNBC Indonesia- Menteri ESDM Ignasius Jonan mengungkapkan divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) yang sudah tuntas akhir tahun lalu menjadi dari alasannya merayakan kemerdekaan di kawasan Tambang Freeport.

Jonan menjadi inspektur upacara bendera di lapangan bola milik Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika Papua, Sabtu (17/8) yang dihadiri oleh ribuan pekerja Freeport dan warga sekitar.

"Karena ini baru peringatan tahun pertama 17 Agustus kemerdekaan Indonesia, di mana 51% saham Freeport kembali ke pangkuan Indonesia. Ini makanya secara simbolis sebagai inspektur upacara di sini," kata Jonan di Tembagapura.



Ia juga bilang kegiatannya di Tembagapura untuk memberi pesan mengenai persatuan Indonesia, secara simbolis, Tembagapura ini sangat-sangat fenomenal. "Kebetulan ada pejabat pemerintah pertama memimpin upacara di sini, sebagai gambaran persatuan Indonesia itu dari Sabang sampai Merauka, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote," kata Jonan.

Jonan juga ingin memberi pesan soal kebhinakan berbagai ragam suku, adat, kebiasaan, dan keyakinan yang kita tak perlu dipertentangkan yang justru jadi kekayaan bagi Indonesia.

Selain Jonan yang merayakan kemerdekaan di Tembagapura, Papua, Wamen ESDM juga merayakan hal serupa di Blok Rokan, Riau. Blok ini sejak Agustus tahun lalu sudah resmi dikelola oleh Pertamina dari tangan Chevron.



Upacara 17 Agustus di Freeport, Ternyata Ini Alasan JonanFoto: Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menjadi inspektur upacara pengibaran bendara merah putih dalam acara dirgahayu ke-74 Republik Indonesia di Kawasan tambang Freeport Papua, Sabtu (17/8).


Artikel Selanjutnya

Jonan: Freeport Milik Bangsa, Bisa Tahan 100 Tahun Lagi


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading