Jokowi Kebut 4 dari 10 'Bali Baru' di 2020

News - Lidya Julita Sembiring & Chandra Gian Asmara , CNBC Indonesia
16 August 2019 15:06
Jokowi Kebut 4 dari 10 'Bali Baru' di 2020 Foto: Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia- Tahun depan, pemerintah fokus pengembangan pariwisata di 4 dari 10 lokasi program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang dikenal sebagai 'Bali Baru'.

Disampaikan oleh Presiden Joko Widodo, di sektor pariwisata 4 kawasan tersebut akan dibangun secara lintas sektor dan terintegrasi. "Destinasi pariwisata tersebut meliputi Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika," katanya di Gedung DPR, Jumat (16/8/2019).




4 Bali baru ini memang dikebut Jokowi untuk ditingkatkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengemukakan, potensi devisa yang bisa masuk ke Indonesia dari empat wilayah destinasi tersebut bisa mencapai US$ 4,5 miliar (Rp 62,7 triliun).

Potensi tersebut bisa dimaksimalkan, apabila percepatan pembangunan fasilitas dasar dan berbagai infrastruktur pendukung lainnya untuk empat wilayah tersebut bisa selesai.

"Kalau rata-rata itu US$ 3,5 miliar. Kalau sudah jadi per tahun. Kalau sudah beres semuanya. Contoh, Danau Toba itu kita proyeksikan 1 juta wisawatan," kata Arief di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (19/7/2019).

Jokowi Kebut 4 dari 10 'Bali Baru' di 2020 Foto: Infografis/Mengenal Sepuluh Kawasan Strategis Pariwisata Nasional/Arie Pratama


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading