RI Merdeka 74 Tahun, Jokowi Ingin Keluar dari Kutukan SDA

News - Chandra Gian Asmara & Lidya Julita, CNBC Indonesia
16 August 2019 10:46
Usai bilang kejayaan minyak RI selesai, kini Jokowi sebut ingin keluar dari kutukan SDA
Jakarta, CNBC Indonesia- Baru pekan lalu Presiden Joko Widodo mengatakan kejayaan minyak Indonesia sudah selesai. Kini, ia menyinggung komoditas lainnya.

Dalam pidato kenegaraan di depan sidang bersama DPD dan DPR, Jokowi kembali menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM dan penguasaan teknologi untuk keluar dari kutukan sumber daya alam.




"Berbekal inovasi, kualitas SDM, dan penguasaan teknologi kita bisa keluar dari kutukan sumber daya alam," kata Jokowi, Jumat (16/8/2019).

Ia menjelaskan negara ini memang kaya akan sumber daya alam mulai dari bauksit, batu bara, kelapa sawit, ikan, dan masih banyak lagi. Tapi semuanya itu tidak akan cukup kalau tidak dilakukan hilirisasi industri.

"Kita bangun industri pengolahan bauksit sehingga impor alumina tidak perlu dilakukan. Kita bangun hilirisasi industri batu bara menjadi Dimethyl Ether," tekannya.

Jokowi ingin semua proyek hilirisasi itu bisa dimulai dari sekarang, agar tak lagi ada impor-impor. Kita harus berani memulai dari sekarang beberapa lompatan kemajuan sudah kita lakukan. "Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel. Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100. "




(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading