Jokowi Setuju Pertemuan Tahunan WEF 2020 di Jakarta

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
14 August 2019 17:28
Delegasi World Economic Forum (WEF) menyambangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Delegasi World Economic Forum (WEF) menyambangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Kedatangan para delegasi organisasi nirlaba itu untuk mendiskusikan keinginan WEF menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah pagelaran Annual Meeting WEF di 2020 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai mendampingi Jokowi bertemu delegasi WEF.

"Tahun depan, mereka ingin Annual Meeting-nya itu di Jakarta," ungkap Bambang.

Sebagai informasi, pagelaran Annual Meeting WEF memang dilakukan rutin setiap tahunnya di regional. Pada tahun lalu, Hanoi, Vietnam yang diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah.



Bambang menjelaskan, delegasi WEF meminta dukungan dari pemerintah Indonesia atas keinginan menjadikan Jakarta sebagai tuan rumah Annual Meeting WEF 2020. Jokowi, pun telah memberikan lampu hijau.


"Intinya meminta dukungan presiden, dan menanyakan apa topik utamanya. Presiden sudah sampaikan lima tahun ke depan kita sudah fokus human capital," katanya.



"Presiden meminta supaya yang diundang selain kepala negara ASEAN, juga CEP dari perusahaan yang berkaitan dengan human capital, teknologi, unicorn. Jadi pertemuan benar-benar bicara mengenai bagaimana kembangkan human capital," lanjut Jokowi.

Melalui Annual Meeting WEF, pemerintah menginginkan adanya masukan dari berbagai pemangku kepentingan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Makanya yang ingin diundang adalah CEO global, mereka yang sudah terbiasa berhadapan dengan tantangan industri," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading