Sri Mulyani: AS & China Bersin, Kita Semua Kena Flu

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
10 August 2019 16:27
Sri Mulyani menegaskan apa yang terjadi pada AS dan China akan mempengaruhi Indonesia. Foto: Wawancara Khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Courtesy CNBC Indonesia TV)
Jakarta, CNBC Indonesia - Dinamika global yang berasal dari Amerika Serikat (AS) maupun China tak dapat dipungkiri dapat memengaruhi stabilitas ekonomi dunia tak terkecuali Indonesia.

Ketidakpastian yang terjadi di AS, Eropa, China, hingga Jepang bagaikan sebuah penyakit menular yang menjalar ke seluruh negara. Kondisi ini, tentu tidak menguntungkan.

"Kalau mereka 'bersin' maka seluruh dunia akan terkena flu," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Sabtu (10/8/2019).



Sri Mulyani menekankan, diperlukan kemandirian ekonomi yang terutama bersumber dari dalam negeri agar Indonesia mampu bertahan apabila terjadi goncangan lingkungan global.

"Indonesia memiliki modal yang menjanjikan misalnya dari sisi jumlah penduduk, potensi ekonomi yang besar, geografi yang luas dan kekayaan alamnya," katanya.

Menurut Sri Mulyani ada beberapa hal fundamental yang perlu diperbaiki secara berkelanjutan. Mulai dari peningkatan produktivitas dan daya saing, pendalaman jasa keuangan yang inklusif serta reformasi struktural.



Diharapkan perbaikan ini akan membawa Indonesia menjadi mandiri dan tidak mudah tergoncang oleh perubahan global dan sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pemain utama dalam persaingan perdagangan global.

Berbagai kebijakan tersebut diharapkan dapat membuat Indonesia mempunyai daya tahan tinggi dalam menghadapi gejolak lingkungan global maupun perubahan di dalam negeri yang seringkali tidak terduga," kata Sri Mulyani.




Artikel Selanjutnya

Serapan APBD Rendah, Hingga China 'Gertak' Perusahaan Taiwan


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading