Potensi Tsunami, Warga Pandeglang Mengungsi ke Dataran Tinggi

News - Redaksi, CNBC Indonesia
02 August 2019 20:03
Gempa bumi M 7,4 di Banten membuat warga di Pandeglang mengungsi ke dataran tinggi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Warga Kecamatan Panimbang, Pandeglang, Banten, merasakan gempa yang sangat kuat. Warga pun panik dan memilih mengungsi di rumah kepala desa.

Kapolsek Panimbang, AKP Sukirman, mengatakan, warga-warga memilih mengungsi di lokasi tinggi. Mereka khawatir gempa tersebut disusul Tsunami.

"Warga keluar ke rumah mengungsi ke rumah Pak Kades dan dataran tinggi. Mereka belum berani masuk ke rumah karena takut tsunami seperti gempa yang dulu," ujar Sukirman kepada detikcom, Jumat (2/8/2019).

Panimbang merupakan wilayah yang diterjang tsunami dan gempa pada Desember 2018 lalu. Jarak tempuh Panimbang ke pusat gempa di Kecamatan Sumur, Pandeglang sekitar 2 jam.



Sukirman mengimbau kepada warganya untuk tidak kembali ke rumah dulu sampai ada pemberitahuan lanjutan dari BPBD dan BMKG setempat.
"Imbauan kami supaya warga tetap siaga dan waspada sambil menunggu info dari BPBD, BMKG," ucapnya.

Gempa ini terjadi di kedalaman 10 km. Gempa persisnya terjadi di koordinat 7,54 LS dan 104,58 BT. Gempa yang berpusat di arah barat daya dari Sumur, Banten, ini berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.



(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading